Pertama kali, Taiwan pamerkan aksi jalan gajah F-16 Viper RoCAF

F-16 RoCAF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Untuk pertama kali, Angkatan Udara Taiwan (RoCAF) memamerkan aksi “elephant walk” jet tempur terbaru mereka F-16V pada 5 Januari 2022.

Aksi jalan gajah oleh armada Viper ini dilaksanakan di Pangkalan Udara Chiayi dengan tujuan untuk memperlihatkan kemampuan RoCAF dalam meluncurkan pesawat tempur mereka pada saat itu juga.

Seperti dilaporkan Focus Taiwan, selama latihan total 12 F-16V berbaris di landasan untuk demonstrasi publik yang terbuka untuk awak media tersebut.

Kedua belas pesawat tempur ini berasal dari Skadron Tempur F-16V, Wing Tempur Taktis ke-4 Angkatan Udara yang berbasis di Kabupaten Chiayi, Taiwan selatan.

Armada F-16V ini merupakan hasil modernisasi dari F-16A/B Fighting Falcon yang dimiliki oleh RoCAF.

Program upgrade ke F-16 Viper dilaksanakan oleh Taipeh sejak tahun 2016.

Sebanyak 141 F-16 A/B ditingkatkan kapabilitasnya menjadi F-16V.

Pesawat ini mendapat penggantian avionik dengan yang lebih canggih, termasuk radar APG-83 Scalable Agile Beam Radar, Helmet Mounted Cueing System, dan sistem manajemen penerbangan serta sistem peperangan elektronik.

-RNS-

One Reply to “Pertama kali, Taiwan pamerkan aksi jalan gajah F-16 Viper RoCAF”

  1. Kita punya A/B 15, juga punya yg relatif lbh baru dr A/B, tipe 25. Kok modernisasinya ke tipe C/D 52. Kok gak sekalian ke tipe V spt yg dilakukan Taiwan??
    Krn ketdktauan, atau bujet tdk mncukupi, atau tdk dibolehkan olh Amrik krn sekitr tdk ada yg punya tipe V??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *