Bangladesh akuisisi rudal permukaan ke permukaan TRG-230 dari Turki

TRG-230Roketsan

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan asal Turki, Roketsan, telah mengekspor rudal permukaan ke permukaan TRG-230 MBRL (Multi-Barrel Rocket Launcher) ke Bangladesh. Hal ini diwartakan oleh situs Tolgaozbek.

Sebelumnya dilaporkan, Komandan Angkatan Darat Turki Jenderal Musa Avsever telah bertemu dengan Panglima Angkatan Darat Bangladesh Jenderal SM Shafiuddin Ahmed saat berkunjung ke Turki pada Agustus 2021.

Selama pertemuan, salah satu bahasan utama adalah mengenai kerja sama strategis militer antar kedua negara.

Diketahui, Bangladesh sendiri merupakan pelanggan senjata terbesar keempat dari Turki.

Mengenai TRG-230, rudal kaliber 230 mm ini mampu mencapai target yang berada dalam jarak 20 hingga 70 kilometer dalam segala kondisi cuaca.

Rudal berhulu ledak 42 kg ini dapat mengenai target dengan Circular Error Probable (CEP) di bawah 10 meter yang menghasilkan kerusakan dahsyat dalam radius 55 m.

Tingkat keakuratannya berkat dukungan sistem navigasi penentuan posisi berbasis satelit GPS (Global Positioning System), GLONASS (Global Navigation Satellite System) dan INS (Inertial Navigation System).

Roketsan adalah salah satu produsen senjata dan kontraktor pertahanan utama Turki yang berbasis di Ankara.

Didirikan tahun 1988 oleh Komite Eksekutif Industri Pertahanan Turki (SSİK ) untuk pengembangan teknologi dan produksi beragam rudal.

Untuk keluarga rudal TRG terdiri dari TRG-122 berjangkauan 20–35 km, TRG-230 berjangkauan 20–70 km, dan TRG-300 Blok l berjangkauan 30–120 km dan Blok II untuk 20–90 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *