Jadi operator terbesar di luar AS, Angkatan Laut India terima P-8I ke-11

11th Indian Navy P-8IANI

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Laut India (IN) telah menerima pengiriman pesawat patroli maritim P-8I Poseidon ke-11 sekaligus menjadikannya sebagai operator terbesar P-8 di luar Amerika Serikat.

IN telah mengoperasikan P-8I sejak 2013 dan telah mengumpulkan akumulasi 30.000 jam terbang dari pesawat buatan Boeing ini.

P-8I kesebelas yang diterima IN, merupakan pesawat ketiga yang dikirim berdasarkan kontrak pembelian tambahan empat pesawat ini oleh New Delhi pada 2016 lalu.

Pesawat P-8I kesepuluh telah diterima oleh IN pada Juli lalu.

Selain dapat digunakan untuk fungsi utama operasi pengintaian maritim dan perang antikapal selam, P-8I juga telah dikerahkan untuk membantu misi bantuan bencana dan kemanusiaan.

Boeing menyediakan pelatihan awak penerbangan Angkatan Laut India, suku cadang, peralatan pendukung darat, dan dukungan perwakilan layanan lapangan.

Saat ini Boeing juga sedang menyelesaikan pembangunan Pusat Dukungan Pelatihan & Penanganan Data (TSDH) di INS Rajali, Arakkonam, Tamil Nadu dan pusat sekunder di Institut Teknologi Penerbangan Angkatan Laut, Kochi.

Hal itu merupakan bagian dari paket pelatihan dan dukungan kontrak yang ditandatangani pada 2019.

India pertama kali menandatangani pembelian delapan P-8I dengan Boeing pada 2009.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *