Rantis TITUS 6×6 Akan Lengkapi AD Ceko

ANGKASAREVIEW.COM – Kementerian Pertahanan Ceko (Czech Republic) menyetujui pengadaan kendaraan taktis (rantis) TITUS berpenggerak roda enam (6×6) buatan Nexter Systems, Perancis.

Menteri Pertahanan Ceko, Martin Stropnický menyatakan, sebanyak 62 TITUS 6×6 menggunakan sasis Tatra dan 80 rantis ringan LMV 4×4 menggunakan sasis Iveco akan dibeli dalam pengadaan senilai 9,5 miliar CZK tersebut.

TITUS akan digunakan oleh Unit Pasukan Khusus Brigade Keempat dan Ketujuh. Sementara LMV Iveco akan digunakan oleh Resimen Perlindungan Nubika dan Unit Pengamatan Radiasi dan Kimia.

Ditambahkan, TITUS yang akan dibeli terdiri dari tiga varian yaitu enam unit untuk komando dan staf, 36 untuk kendaraan penghubung, serta 20 untuk dukungan penyerangan.

BACA  Singapore Airlines Raih Predikat World’s Best Airline dari Skytrax

Pembelian rantis TITUS dilakukan dalam rangka peningkatan teknologi dan penggunaan kendaraan perang yang baru. Diakui Kepala Staf Angkatan Darat Ceko, Jenderal Josef Becvár, AD Ceko selama ini masih mengandalkan rantis keluaran lama.

“Penggunaan kendaraan baru adalah untuk meningkatkan kemampuan komando dan kontrol serta dukungan penyerangan pasukan artileri,” ujarnya sebagaimana dikutip IHS Jane’s, (24/7/2017).

TITUS mulai dibuat tahun 2010 dan diperkenalkan kepada publik pada 2013. Kendaraan dengan panjang 7,55 meter dan lebar 2,55 meter ini mampu mengangkut 13 orang terdiri dari tiga awak dan 10 penumpang.

Dijadwalkan seluruh kendaraan yang akan dibeli tersebut sudah dapat diterima Angkatan Darat Ceko pada tahun 2020-2024.

BACA  Lockheed Martin akan produksi 50 C-130J untuk Militer AS

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *