Patria ungkap panser generasi barunya di DSEI 2021″

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pabrikan pertahanan milik negara Finlandia, Patria, mengatakan pada 10 September 2021 bahwa pihaknya akan mengungkapkan platform kendaraan tempur 6×6 baru pada pameran DSEI tanggal 14-17 September 2021 di London, Inggris.

Panser ini dinamai Patria 6×6 HAPC, dirancang sebagai pengangkut pasukan modular berperforma tinggi yang siap tempur untuk infanteri modern serta mampu memberikan dukungan tembakan yang efektif.

Patria 6×6 HAPC dilengkapi dengan peningkatan kesadaran situasional dan sistem C3I. Perlindungan opsional level 4 terhadap ancaman balistik dan perlindungan menghadapi ranjau.

Selain itu ditawarkan pula berbagai opsi modular lainnya memungkinkan pemenuhan kebutuhan dan persyaratan pelanggan yang dioptimalkan.

Panser ini memiliki berat tempur maksimum 24 ton, termasuk muatan 8.500kg dan 12 pasukan di dalamnya. Berdimensi panjang 7,5 m, lebar 2,9 m, dan tinggi 2,5 m.

Penggeraknya berupa mesin diesel berdaya 395 hp dan bertransmisi otomatis. Kecepatan tertingginya hingga 100km/jam di jalan datar dan berjangkauan operasi setidaknya 700 km.

Untuk alat beladiri dan bertempur, Patria 6×6 HAPC dilengkapi dengan CLWS (Cockerill Light Weapon Station) yang merupakan sistem senjata kendali jarak jauh (RCWS) ringan, modular, dan stabil.

CLWS menawarkan daya tembak yang signifikan pilihan kanon kaliber 25 mm atau 30 mm, koaksial dengan senapan mesin 12,7 mm atau 7,62 mm. Dapat dibekali juga dengan rudal anti tank (ATGM).

Seperti diwartakan Army Recognition, Patria 6×6 HAPC telah diminati pelanggan asing yakni Latvia yang dikembangkan secara bersama oleh kedua negara. Pengiriman kendaraan akan dimulai tahun ini juga.

RBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *