Akhirnya, C-130J akan segera dimiliki TNI AU

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Menindaklanjuti pengadaan pesawat angkut C-130J Super Hercules untuk TNI AU, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengunjungi pabrik pesawat Lockheed Martin pada Rabu (9/9/2021).

Turut mendampingi KSAU adalah Danjen Akademi TNI, Asintel KSAU, Asrena KSAU, Aslog KSAU, dan Kadisaeroau, serta Atase Pertahanan Indonesia untuk Amerika Serikat.

Rombongan KSAU disambut oleh Rod Mclean, Vice President and General Manager for Lockheed Martin’s Air Mobility and Maritime Missions Organization, beserta segenap stafnya.

Dalam kunjungan ini, KSAU menerima penjelasan tentang perkembangan pesawat C-130J Super Hercules pesanan TNI AU yang tengah diproduksi di pabrik pesawat tersebut.

KSAU dan rombongan juga berkesempatan melihat secara langsung jalur produksi C-130J dan simulator serta fasilitas pelatihan C-130J Super Hercules.

“Dengan adanya pesawat tipe C-130J, saya percaya TNI AU akan mampu meningkatkan kemampuan, terutama dalam operasi angkutan udara secara signifikan,” ujar KSAU saat mengunjungi pabrik Lockheed Martin.

Mengenai pengadaan ini, Redaksi Angkasa Review pernah mengonfirmasi kepada Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Novyan Samyoga saat ditemui di Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, pada 8 Maret 2019.

“Kontrak sudah ditandatangani oleh Kementerian Pertahanan. Kami berharap tentunya tahun ini datang. Tapi, ini kan proses pengadaan. Sebetulnya tahun ini hingga tahun depan TNI AU akan mendapatkan enam pesawat baru C-130J,” ungkap Marsma TNI Novyan Samyoga kala itu.

Ditambahkan pula, untuk C-130 tipe J nantinya akan ditempatkan di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

RBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *