Seri baru T-14 Armata dikirim 2021, ke depan dikembangkan sebagai robot

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pengiriman serial tank T-14 Armata terbaru ke Angkatan Bersenjata Federasi Rusia akan dimulai pada 2021. Selain mengisi kebutuhan dalam negeri, Rusia juga akan mengekspor tank tempur utama ini untuk diekspor ke negara lain.

CEO Rostec Sergei Chemezov seperti diberitakan TASS mengatakan, T-14 merupakan tank terbaik di dunia dan akan menjadi tank utama pasukan Rusia.

Ia menambahkan, izin untuk ekspor tank ini telah dikeluarkan oleh pemerintah Rusia.

“Kami mengiklankan tank ini ke pelanggan asing. Tahun ini di Forum ARMY dan diperlihatkan secara langsung,” ujarnya.

T-14 Armata dikembangkan oleh Uralvagonzavod. Tank ini pertama kali diperlihatkan kepada publik pada Parade Hari Kemenangan 9 Mei 2015.

Secara fundamental, T-14 memiliki desain khusus. Tank ini menggunakan menara tak berawak. Sementara awak tank ditempatkan di kapsul lapis baja yang terisolasi di lambung tank, tempat mereka bertugas. Hal ini mengurangi risiko kematian bagi para awak dalam pertempuran.

T-14 Armata tak berawak

Chemezov juga mengatakan, versi tak berawak tank T-14 Armata kemungkinan akan dikembangkan. Hal ini seiring perkembangan zaman di mana kendaraan-kendaraan tempur atau robot menjadi hal yang tumbuh dan berkembang.

“Sejumlah perusahaan kami yang lain sedang mengerjakan pembuatan sistem persenjataan semacam itu. Bahkan Armata telah diuji sebagai tank tanpa awak. Kami sedang menguji teknologi tanpa awak pada tank ini,” jelasnya.

Ke depan, lanjut Chemezov, Armata dengan awaknya akan menjadi robotik secara maksimal. Awak Armata tidak perlu membidik dengan tepat, tetapi cukup mengarahkan senjatanya ke target dan sistem elektronik yang akan melakukan semua itu.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *