KRI Teluk Kupang-519, kapal LST terbaru TNI AL

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Satu lagi kapal perang baru jenis Landing Ship Tank (LST) memperkuat jajaran Komando Armada (Koarmada) II, yakni KRI Teluk Kupang-519 (TKP). Kapal buatan PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero) ini akan memperkuat Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmada II.

Peresmian KRI Teluk Kupang dipimpin oleh KSAL Laksamana TNI Yudo Margono pada upacara puncak HUT ke-75 Armada RI di Dermaga Madura, Markas Komando Koarmada II, Ujung, Surabaya pada Senin, 7 Desember 2020.

KRI TKP mampu mengangkut 15 unit tank BMP3F dan satu unit helikopter. Saat ini, KRI Teluk Kupang-519 dikomandani oleh Letkol Laut (P) Suryai, S.H., M.Tr.Hanla.

Nama Teluk Kupang diambil dari nama sebuah teluk di Nusa Tenggara Timur. Nama teluk lazim digunakan oleh TNI AL untuk kapal jenis LST.

Panglima Koarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan menyambut baik bergabungnya KRI Teluk Kupang-519 di jajaran Koarmada II.

Ia berharap kapal ini dapat memperkuat Koarmada II dalam upaya pembangunan nasional serta menjadi kekuatan baru untuk menghadapi dinamika perubahan ancaman dan kompleksitas tugas-tugas Angkatan Laut ke depan.

Peresmian KRI Teluk KupangPen Koarmada II

“TNI AL akan mengoptimalkan peran kapal perang baru ini untuk mengawal semangat bahari dan mewujudkan program pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” kata Sudihartawan.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *