Angkatan Udara Nigeria aktifkan lagi dua L-39ZA Albatros

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Nigeria (NAF) telah mengaktifkan lagi dua pesawat L-39ZA Albatros. Peresmian pesawat dilaksanakan di NAF 403 Flying Training School (403 FTS), Kano pada 4 Desember 2020.

Ini adalah pesawat L-39ZA hasil Program Perpanjangan Hidup (LEP) di dalam negeri. Program LEP akan dijalankan juga untuk unit lainnya. Pengerjaannya dilakukan bekerja sama dengan Original Equipment Manufacturer (OEM), Aero Vodochody dari Republik Ceko.

Seperti diberitakan Scramble, Kepala Staf NAF Marsekal Udara Sadique Abubakar mengatakan, pekerjaan LEP dilaksanakan dengan baik.

Saat ini sebanyak tiga pesawat L-39ZA juga sedang dalam proses LEP sekaligus peningkatan avionik di fasilitas Aero Vodochody di Praha, Republik Ceko.

Ketiga pesawat rencananya akan diserahkan kepada NAF sebelum kuartal ketiga 2021.

Pada Mei 2020, NAF telah menerima tiga unit L-39ZA yang telah diperpanjang masa pakainya.

L-39ZA merupakan varian peningkatan dari L-39ZO untuk latih serang ringan bersenjata. Pesawat ini terbang perdana pada 1976.

Sementara 403 FTS merupakan sekolah untuk Pelatihan Pilot Dasar dan Pelatihan Pilot Instruktur di pesawat jet cepat.

Peran sekolah ini kemudian diperluas oleh NAF untuk mendukung operasi kontra pemberontakan di Timur Laut dan operasi anti-bandit di Barat Laut.

Dikatakan juga, dalam waktu dekat NAF akan segera menerima pengiriman 12 pesawat serang A-29 Super Tucano dan tiga pesawat tempur multi-peran JF-17 Thunder.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *