Tujuh Industri AS Ikut Ramaikan Pameran Kedirgantaraan MAKS-2019

AIRSPACE-REVIEW.com – Tujuh industri bidang penerbangan dan pertahanan asal Amerika Serikat (AS) bakal ikut meramaikan pelaksanaan pameran kedirgantaraan terbesar di Rusia, MAKS-2019 International Aviation and Space Show.

Pameran dua tahunan dan salah satu yang terbesar di dunia ini akan dilaksanakan di Bandara Internasional Zhukovksy, 40 km sebelah tenggara kota Moskow pada 27 Agustus hingga 1 September 2019.

Jumlah peserta dari AS memang terbilang kecil, hanya satu persen dari total 720 perusahaan yang sudah terdaftar di panitia MAKS. Meski demikian, kehadiran industri Paman Sam di tengah tensi politik yang cukup pelik, menunjukkan bahwa MAKS punya pasar yang besar.

Ketujuh peserta dari AS itu adalah Boeing, Honeywell, United Technologies Corporation, Kulite Semiconductor Products Inc, Teledyne Controls, Emerging Markets Communications, LLC, dan AMETEK PDS.

Aviasalon

Mengutip pemberitaan DefenseWorld.net (9/8), Honeywell terlibat dalam kerja sama dengan Irkut sebagai pemasok avionik pesawat MC-21 seperti perangkat navigasi, radar cuaca, APU, dan lainnya. Perusahaan ini juga terlibat dalam pasokan perangkat-perangkat serupa untuk pesawat Sukhoi SSJ100 Superjet.

Dalam bidang mesin, Honeywell juga menyuplai 300 mesin turboprop untuk pesawat-pesawat buatan Rusia.

Sementara Boeing, memiliki kerja sama dengan perusahaan-perusahaan Rusia yang menyuplai titanium. Produk logam Rusia ini digunakan Boeing untuk produksi pesawat keluarga 777 dan 787 Dreamliner.

Aviasalon

Kulite Semiconductors, walau belum terungkap punya kerja sama dengan Rusia atau tidak, perusahaan ini adalah penghasil perangkat elektronik yang dipergunakan pada sejumlah pesawat militer AS seperti F-35, F-22, F/A-18. C-130, C-17, V-22, dan lainnya. Perusahaan ini juga menyuplai komponen radar pada rudal AMRAAM, HARM, dan THAAD.

Sementara UTC yang menaungi Pratt & Whitney membuat mesin untuk F-35. UTS juga memiliki perusahaan patungan dengan Rusia yaitu Rusia-JSC Hamilton Standard-Nauka yang memasok sistem pendingin di pesawat.

Aviasalon

Adapun dua perusahaan lainnya yaitu Teledyne Controls dan AMETEK PDS, memproduksi sistem avionik baik di pesawat maupun di perlengkapan darat pendukung penerbagan. Teledyne Controls juga memiliki pusat pelatihan di Moskow.

MAKS digelar pertama kali oleh Kementerian Industri dan Perdagang Rusia pada 1992 dengan nama Mosaeroshow-92. Setahun kemudian pada 1993 namanya berubah menjadi MAKS.

Valentin Bizniuk

Selepas pelaksanaan 2009 pameran ini dikelola oleh pemerintahan kota Moskow dan Aviasalon JSC. Tahun ini MAKS merupakan penyelenggaraan yang ke-14 kali.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *