Nahas, Il-112V jatuh dan menewaskan tiga kru di dalamnya

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Baru saja beberapa kali menjalani penerbangan uji di luar kota Moskow, pesawat angkut militer ringan Il-112V jatuh pada Selasa (17/8) dan menewaskan tiga kru di dalam pesawat tersebut.

Video kecelakaan yang disiarkan di media pemerintah dan tersebar di media sosial menunjukkan pesawat miring ke satu sisi dan jatuh ke tanah setelah mesin kanannya terbakar.

Tiga orang yang gugur di dalam pesawat Il-112V, termasuk Pahlawan Rusia Nikolai Kuimov yang juga menjadi pilot Uji Il-112V hasil modifikasi ini melaksanakan penerbangan perdananya pada 13 Agustus lalu.

Pesawat tersebut terbang dari fasilitas Voronezh Aircraft Building Society (VASO) ke Zhukovsky untuk selanjutnya akan mengikuti pameran ARMY-2021.

Seperti diberitakan AFP, United Aircraft Corporation (UAC) mengatakan pesawat jatuh selama melaksanakan final approach untuk mendarat di lapangan terbang Kubinka, di luar kota Moskow.

UAC menegaskan, tidak ada yang selamat dalam kecelakaan pesawat itu.

Sementara itu TASS memberitakan, mesin pesawat sebelah kanan telah terbakar sebelum pesawat jatuh. Meski demikian, perusahaan tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Perusahaan induk, Rostec State Corporation menyatakan, saat ini pihaknya telah membentuk komisi internal untuk menyelidiki insiden tersebut.

Il-112V dirancang untuk mengangkut penumpang, personel terjun payung, kargo, persenjataan, peralatan, dan lainnya.

Pesawat dilengkapi mode otomatis maupun manual untuk pendaratan.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *