Mengenal Visi dan Misi Akademi Kepolisian (Akpol)

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Taruna-taruna Akademi Kepolisian (Akpol) dengan pakaian seragamnya tampak gagah. Mereka memiliki masa depan yang cerah sebagai salah satu generasi penerus bangsa.

Banyak generasi muda yang tertarik untuk bergabung dengan Akpol. Dukungan pun diberikan oleh para orang tua dengan memberikan dorongan semangat kepada anaknya masing-masing untuk menjaga fisik maupun mental serta giat belajar agar lulus dalam seleksi masuk Akpol.

Akademi Kepolisian atau sering disingkat Akpol merupakan sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak Perwira-perwira Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Akpol adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri (Lemdiklat Polri).

Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 21 Tahun 2010, Akpol bertujuan menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi dengan lama pendidikan 4 tahun (8 Semester).

Lulusan Akpol akan menjadi Perwira Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda).

Akpol melaksanakan pendidikan melalui metode pembelajaran, pelatihan, dan pengasuhan.

Akpol tergabung sebagai anggota INTERPA (International Association of Police Academies) di antara 36 negara anggota lainnya.

Akademi KepolisianIstimewa

Nah, apa saja sebenarnya Visi dan Misi Akademi Kepolisian? Berikut penjabarannya seperti diterangkan oleh Akademi Kepolisian.

Visi Akademi Kepolisian

Akpol menjadi lembaga pendidikan tinggi Polri yang menghasilkan perwira Polri Profesional, Cerdas, Bermoral dan Modern yang berwawasan global dan berstandar internasional.

Misi Akademi Kepolisian

  1. Menyelenggarakan pendidikan pembentukan perwira Polri melalui kegiatan pengajaran, pelatihan dan pengasuhan secara bertahap dan berkesinambungan pada setiap tingkat pendidikan;

2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkait dengan bidang kepolisian;

3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang terkait dengan bidang kepolisian;

4. Menyelenggarakan tata kelola institusi yang berorientasi kepada pelayanan prima dan berkembang menjadi pusat unggulan (centre of excellent);

5. Mengembangkan kerjasama dan jejaring kerja dengan berbagai lembaga didalam dan luar negeri.

6. Demikianlah dapat kita simak Visi dan Misi Akpol.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *