Resmi, TNI AU memiliki Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan Wing 4

Satud Percarian dan Pertolongan TNI AUDispenau

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meresmikan Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan (Satud PP) Wing 4 Lanud Atang Sendjaja, Bogor pada Jumat, 30 Ju8li 2021.

Pembentukan Satud PP, kata KSAU, berawal dari inisiatif pimpinan TNI AU akan kebutuhan pengembangan organisasi guna melaksanakan tugas Operasi Udara Khusus dalam bentuk Operasi Pencarian dan Pertolongan atau OPP sebagaimana tercantum pada Doktrin Swa Bhuwana Paksa.

Peresmian, merupakan tindak lanjut dari Peraturan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor 5 tahun 2021 tentang organisasi dan Tugas Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan Wing 4 Pangkalan TNI Angkatan Udara Atang Sendjaja.

“Tugas pencarian dan pertolongan merupakan tugas yang tidak ringan, terlebih cakupan NKRI yang luas. Oleh karena itu, dibutuhkan sinergi TNI AU dengan kementrian dan lembaga lainnya, khususnya dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan,” ujar KSAU seperti disiarkan Dispenau.

Dengan diresmikannya satuan ini, TNI AU telah memiliki satuan yang secara khusus mengoperasikan alutsista guna membina profesionalisme personel dalam melaksanakan tugas pencarian dan pertolongan taktis.

“Saya ingin mengingatkan, bahwa satuan ini memiliki tujuan yang sangat mulia, karena terkait secara langsung dengan keselamatan jiwa manusia,” kata Fadjar.

Dalam kesempatan itu, Kasau juga melantik Mayor Pnb Tatag Onne Setiawan sebagai Komandan Satud PP.

Peresmian Satuan Udara Percarian dan Pertolongan Wing 4 TNI AUDispenau

KSAU dengan didampingi Kepala BNPP Marsdya TNI Henri Alfiandi dan Pangkoopsau I Marsda TNI Tedi Rizalihadi, juga menandatangani prasasti dan meluncurkan logo Satud PP.

Setelah itu KSAU melakukan peninjauan fasilitas dan sarana prasana hanggar.

Saat ini Satud PP mengoperasikan satu helikopter AW139, tiga helikopter Dauphin, dan sejumlah drone SDO 50V2. Semuanya punya BNPP (Basarnas).

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *