Ups! penampakan jet tempur ringan baru Rusia telah beredar

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Seperti yang diberitakan sebelumnya, United Aircraft Corporation Rusia, bagian dari perusahaan teknologi negara Rostec, telah melaporkan akan mengungkap jet militer baru pada hari pertama pameran kedirgantaraan internasional MAKS-2021.

Kini pesawat yang dimaksud telah terlihat di Bandara Internasional Zhukovsky di luar Moskow pada hari Kamis, 15 Juli. Namun belum ada pernyataan resmi terkait penampakan ini.

Sebelumnya pada awal Mei 2021, kantor berita TASS melaporkan bahwa industri pertahanan Rusia sedang mengembangkan pesawat tempur bermesin tunggal generasi berikutnya yang dikenal sebagai “Checkmate Project”.

“Perusahaan Sukhoi sedang mengembangkan pesawat taktis ringan bermesin tunggal dengan berat lepas landas hingga 18 ton. Kecepatan maksimum di atas 2 Mach, memiliki kemampuan super manuver dan kinerja lepas landas dan pendaratan yang lebih baik, berkat thrust vector control engine,” lapor TASS mengutip sumber industri.

Pesawat tempur ringan baru Rusia_

CEO Rostec Sergei Chemezov juga pernah mengatakan kepada wartawan pada Desember 2020 bahwa perusahaan sedang mengerjakan konsep pesawat tempur kelas menengah dan ringan bermesin tunggal yang dikemudikan pilot atau tak berawak.

Secara umum, pesawat tempur bermesin tunggal lebih baik dalam hal biaya dan kebutuhan perawatan dibandingkan bermesin ganda.

Seperti diketahui, Militer Rusia berencana untuk menggantikan armada pesawat tua buatan era Uni Soviet yakni jet tempur MiG-29 dan pesawat serang darat (CAS) Su-25 sekaligus.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *