JAT meriahkan Praspa TNI 2021 di AAU, ini daftar para punggawanya

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Jupiter Aerobatic Team (JAT) atau The Jupiters melaksanakan flypast dan memperlihatkan manuver Bomb Burts pada Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI 2021 yang digelar di Akademi Angkatan Udara (AAU), Yogyakarta pada 13 Juli 2021.

Upacara Praspa TNI dan Pelantikan Perwira Polri 2021 dilaksanakan di Istana Merdeka, Jakarta oleh Presiden RI Joko Widodo dengan mengundang sejumlah perwakilan Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI-Polri.

Sementara para Capaja lainnya mengikuti upacara dari kesatrian masing-masing secara virtual. Sebanyak 700 Capaja TNI-Polri dilantik menjadi Perwira Remaja TNI-Polri.

Para orang tua wisudawan hadir di masing-masing kesatrian menyaksikan langsung putra-putrinya dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi seorang perwira, yaitu berpangkat Lentan Dua untuk TNI dan Inspektur Dua Polisi untuk Polri.

Khusus di AAU, usai penyampaian ucapan terima kasih dari para Perwira Remaja TNI AU, tim aerobatik TNI Angkatan Udara, JAT, melintas di atas podium upacara dan di atas para perwira yang berbahagia.

Para Perwira Remaja melemparkan topinya ke atas bersamaan dengan melintasnya JAT. Sungguh sesuatu yang spesial disuguhkan oleh TNI AU dalam upacara tersebut.

Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI M. Yani Amirullah dalam pengarahannya pagi hari kepada tim JAT mengatakan, JAT merupakan representasi dari kemampuan dan profesionalisme penerbang TNI AU.

Ia menekankan untuk selalu mengedepankan safety serta kerja sama tim yang baik dalam flypast agar terlaksana dengan aman dan lancar.

Flypast JAT dalam upacara tersebut dilaksanakan dua kali dengan tampilan manuver Bomb Burst dan Arrow Head.

Jupiter Aerobatic Team Praspa TNI 2021_Penlanud Adi

Lalu, siapa saja para punggawa The Jupiters saat ini yang juga tampil memeriahkan Praspa TNI 2021 di AAU?

Mereka adalah Leader yang juga Komandan Skadron Pendidikan (Danskadik 102) Letkol Pnb Mochammad Yunus, Jupiter 2 (Right Wing) Mayor Pnb I Gede Ngurah Satya, Jupiter 3 (Left Wing) Mayor Pnb Pujo Setyo Anggoro, Jupiter 4 (Slot) Mayor Pnb Ripdho Utomo, Jupiter 5 (Lead Synchro) Mayor Pnb Ferdian Habibi, Jupiter 6 (Synchro) Mayor Pnb Idham Satria, dan Jupiter 7 (Narator) Kapten Pnb Bayu Anugerah.

Para punggawa JAT merupakan Instruktur Penerbang di Skadron Pendidikan 102.

Sementara pesawat yang digunakan oleh JAT adalah KT-1B Woongbi buatan Korea Aerospace Industries (KAI).

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *