UralVagonZavod mulai pasok kendaraan tempur BMPT-72 Terminator 2

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – UralVagonZavod, bagian dari Rostec, mulai memasok kendaraan tempur pendukung tembakan BMPT-72 Terminator-2 kepada militer Rusia.

Hal ini dikatakan CEO Perusahaan Alexander Potapov di pameran internasional INNOPROM yang berlangsung pada 5-8 Juli lalu di Yekaterinburg seperti diberitakan oleh TASS.

Terminator-2 didesain sebagai kendaraan tempur pendukung tank khususnya untuk melindungi tank dari musuh yang dilengkapi senjata roket peluncur granat (RPG) atau rudal antintank (ATGM).

BMPT-72 dirancang untuk beroperasi bersama tank dalam satu formasi taktis dan melawan pasukan musuh yang menghadang mereka dan kemudian menyerang target.

Sesuai namanya, BMPT-72 menggunakan sasis tank T-72 dan merupakan evolusi dari BMPT Terminator generasi pertama.

Peningkatan diberikan pada generasi kedua ini, antara lain daya tembak baru.

BMPT-72 dilengkapi dengan turet elektromekanis yang sepenuhnya stabil dan tanpa awak. Profilnya lebih rendah dan memiliki perlindungan yang lebih baik.

Persenjataan utama turet BMPT-72 meliputi dua kanon otomatis 2A42 kaliber 30mm dan satu senapan mesin koaksial PKTM 7,62mm.

Kemudian dua unit peluncur rudal antitank 9M1201 Ataka-T dipasang di setiap sisi turret.

Rudal Ataka-T dapat dilengkapi dengan dua jenis hulu ledak, penusuk beton dengan daya berongga dan daya ledak tinggi.

BMPT-72 juga dilengkapi dengan sistem pengendalian tembakan terkomputerisasi serta sistem penampakan multisaluran dan sistem peletakan senjata akurasi tinggi.

Terminator-2 diawaki tiga personel. Lambung dan turetnya terbuat dari baja. Turet dilengkapi sistem proteksi terbaru Explosive Reactive Armor (ERA).

Untuk mesin, menggunakan mesin diesel 12 siliner tipe-V berpendingin cairan. Mesin ini dapat memberikan laju kecepatan 60 km/jam bagi kendaraan berbobot 44 ton ini. Sementara untuk jarak jangkau mencapai 500 km.

BMPT-2 dilengkapi transmisi menggunakan tujuh gigi maju dan satu gigi mundur.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *