Akademi TNI tingkatkan profesionalisme Tenaga Pendidik

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Akademi TNI meningkatkan profesionalisme Tenaga Pendidik (Gadik) melalui penataran terhadap 100 personel yang terdiri dari Perwira dan Bintara Resimen Chandra (Menchandra) Akademi TNI.

Upacara pembukaan Penataran Tenaga Pendidikan dipimpin oleh Direktur Pendidikan Akademi TNI Brigjen TNI Dedi Prihatmodjo di Lapangan Taruna Bhakti, Menchandra Akademi TNI di Magelang, Jawa Tengah pada Senin, 21 Juni 2021.

Penataran Tenaga Pendidik akan dilaksanakan selama lima hari mulai 21 hingga 25 Juni 2021.

Para Tenaga Pendidik disiapkan untuk menghadapi pembukaan Pendidikan Dasar Integrasi Kemitraan Taruna Tingkat I  Akademi TNI dan Akademi Kepolisian TP (Tahun Pendidikan) 2021/2022.

Seperti Airspace Review kutip dari Penerangan Akademi TNI, tujuan dilaksanakannya penataran tenaga pendidikan ini adalah memberikan pembekalan pengetahuan.

Penataran antara lain meliputi cara memberikan instruksi, menerapkan metode pembelajaran yang tepat dan baik, penggunaan dan cara mengoperasionalkan Alat Instruksi (Alins) dan Alat Penolong Instruksi (Alongins), penyiapan paket instruksi, serta membuat dan menyusun evaluasi hasil belajar.

Selain itu, kegiatan penataran tenaga pendidikan ini juga untuk menyamakan dan menyatukan pola pikir, sikap, dan tindakan dari para pengasuh Menchadra Akademi TNI dalam mendidik dan mengasuh para calon Taruna yang berasal dari anak-anak lulusan SMA di mana mereka harus menyesuaikan adaptasi kehidupan dari sipil terhadap kehidupan di lingkungan militer.

Penataran Tenaga Pendidik Akademi TNI_2Pen Akademi TNI

Penyesuaian tersebut tentu tidak mudah bagi para Calon Taruna, sehingga dibutuhkan tenaga pendidikan yang sudah terlatih.

Dengan pembekalan pengetahuan melalui penataran tenaga pendidikan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengetahuan dan keterampilan para tenaga pendidik atau pelatih sehingga sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Berkat peran dari para tenaga pendidik di Menchandra Akademi TNI inilah, akan ditentukan kualitas hasil pendidikan dasar integrasi kemitraan para Calon Prajurit Taruna (Capratar) Akademi TNI dan Akpol TP. 2021/2022.

Penataran Tenaga Pendidik Akademi TNI_3Pen Akademi TNI

Dengan begitu, para Capratar diharapkan mampu beradaptasi dan mengikuti pendidikan tahap lanjutan di Akademi Angkatan, yaitu di Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Laut (AAL), dan Akademi Angkatan Udara (AAU).

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *