Saingi F-22 Hingga Su-57, India akan Bangun Penempur Siluman Dalam Negeri

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – India akan mewujudkan produksi jet tempur generasi kelima untuk menyaingi pesawat-pesawat berkarakteristik siluman yang sudah operasional seperti F-22 Raptor dan F-35 Lightning II (Amerika Serikat), Su-57 (Rusia), dan J-20 Mighty Dragon (China).

Kepala Staf Angkatan Udara India (IAF) Marsekal Rakesh Kumar Singh Bhadauria seperti dikutip Zeenews menyatakan, program pesawat tempur generasi kelima India bernama Advanced Medium Combat Aircraft (AMCA).

Dengan digulirkannya program jet tempur siluman dalam negeri ini, dapat dipahami bila India tidak berniat membeli Su-57 dari Rusia seperti diduga banyak kalangan.

Dalam konferensi pers pada 4 Oktober, Bhadauria bahkan dengan tegas menyatakan IAF tidak berkeinginan memiliki pesawat tempur generasi kelima buatan negara lain.

AMCA dirancang oleh Badan Pengembangan Aeronautika (ADA) dan Hindustan Aeronautics Limited (HAL).

HAL AMCA
Istimewa

Pesawat multiperan berkarakteristik siluman ini akan ditenagai dua mesin dan berkursi tunggal. Selain itu, ada kemungkinan juga dibuat varian untuk Angkatan Laut India (IN) guna menggantikan MiG-29K.

Mengacu kepada keterangan yang disampaikan staf perencanaan dan kebutuhan IAF, program AMCA sebenarnya telah digulirkan sejak 2010 lalu.

Pesawat AMCA yang diinginkan harus berkarakteristik siluman (sulit terdeteksi radar), membawa persenjataan internal jarak jauh, memiliki kemampuan supercruise, dan multiperan.

HAL AMCA dan Tejas
Istimewa

Selain itu, pesawat harus dilengkapi mesin berkekuatan dorong besar, berteknologi thrust vectoring, dan memiliki kemampuan manuver super untuk kebutuhan pertempuran jarak dekat.

Roni Sontani

One Reply to “Saingi F-22 Hingga Su-57, India akan Bangun Penempur Siluman Dalam Negeri”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *