Dua F-16 USAF tuntaskan uji coba Bom Diameter Kecil Golden Horde

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dua jet tempur F-16 mili Angkatan Udara AS (USAF) telah menuntaskan uji coba multifase Bom Diameter Kecil (SDB) kolaboratif dalam program Golden Horde.

Pesawat dari Wing Uji ke-96 di Pangkalan Angkatan Udara Eglin, Florida itu terbang di atas White Sands Missile Range, New Mexico.

Kedua pesawat menjatuhkan total enam bom SDB buatan Boeing. Masing-masing pesawat membawa enam unit bom dan dua unit bom SDB.

Uji coba yang dilaksanakan pada 25 Mei 2021 itu didukung sistem komunikasi jaringan radio Banshee 2 buatan L3Harris. Bom dijatuhkan terhadap target prioritas tinggi.

Laboratorium Penelitian Angkatan Udara (AFRL) menjelaskan, dalam uji coba terakhir itu, bom-bom SDB Golden Horde terbukti mampu berinteraksi dengan jaringan komando dan kontrol semua domain dengan baik.

Ditambahkan, munculnya bom SDB Golden Horde merupakan sebuah lompatan teknologi baru, mirip dengan kemunculan bom berpemandu laser pada 1960-an.

Golden Horde merupakan salah satu program Vanguard USAF yang akan membuka jalan bagi aplikasi baru teknologi senjata dan kerja sama pesawat berawak maupun tak berawak.

Bom SDB Golden HordeUSAF

Hasi uji coba ini akan mengarah pada Colosseum, yaitu fase berikutnya dari pengembangan Golden Horde.

Dalam fase tersebut akan diterapkan rekayasa digital, perangkat keras, dan penggunaan pesawat tak berawak.

Rhandy F

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *