Rusia telah mengekspor hampir 300 helikopter Mi-17V-5 ke berbagai negara

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia telah mengekspor hampir 300 (lebih dari 270 unit saat ini) helikopter angkut militer Mi-17V-5 kepada pelanggan asing di berbagai negara. Dengan jumlah tersebut, Mi-17V-5 menjadi yang terpopuler dan terbanyak diekspor oleh Rusia dalam satu dekade terakhir.

Rosoboronexport pada malam pameran tahunan HeliRussia menyatakan, secara keseluruhan dalam sepuluh tahun terakhir Rusia telah berhasil mengekspor 850 helikopter senilai 20 miliar dolar AS.

Pameran HeliRussia secara resmi dibuka pada 20 Mei 2021 di Moskow.

Dijelaskan, Mi-17V-5 dirancang dapat membawa personel, kargo dan peralatan, serta menjatuhkan pasukan serangan udara taktis dan kelompok pengintai, serta menghancurkan target darat maupun membawa personel yang terluka.

Heli ini dapat dipersenjatai dengan 80 roket tak berpandu S-8 kaliber 80 mm, pod gantung meriam kaliber 23 mm sebanyak 250 peluru, serta senjata kecil.

Untuk pertahanan diri, heli dilengkapi dengan sistem antirudal pencari panas.

Mi-17V-5 memiliki kemampuan untuk beroperasi dalam kondisi geografis dan beragam iklim serta di dataran tinggi, baik siang maupun malam hari.

Volume kabin heli ini juga besar yaitu 23 m3. Kabin heli dapat digunakan untuk membawa 36 personel pasukan, menjadikannya yang terdepan di kelasnya.

Pada Maret 2021 lalu, Kedutaan Besar Rusia di Thailand mengumumkan pengiriman tiga helikopter multiguna Mi-17V-5 ke Thailand. Heli ini diperoleh dari program bantuan bencana Thailand.

Di India, Mi-17V-5 secara teratur digunakan oleh India dalam berbagai operasi bantuan.

Indonesia termasuk salah satu pengguna Mi-17V-5 melalui Penerbangan Angkatan Darat. Heli ini pun digunakan untuk mendukung bantuan bencana alam ke berbagai wilayah di Indonesia.

Heli Mi-17V-5 TNI ADPuspen TNI

Heli Mi-17V-5 menggunakan mesin turboshaft TV3-117/VK-2500 yang dikembangkan oleh perusahaan Klimov di St-Petersburg. VK-2500 merupakan mesin terbaru sebagai pengganti TV3-117.

Mesin ini memiliki fitur sistem kontrol otomatis digital dan memberikan power yang lebih besar.

Angkatan Bersenjata Rusia saat ini sedang dalam proses melengkapi diri dengan helikopter Mi-8MTV-5-1 (versi domestik).

Rhandy F

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *