Kroasia pilih Rafale F3-R bekas AU Perancis, tahun 2024 pesawat dikirim

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kroasia dikabarkan telah memilih jet tempur Rafale sebagai pengganti MiG-21. Negara berbentuk bulan sabit di Eropa itu membeli 12 Rafale F3-R bekas pakai Angkatan Udara dan Ruang Angkasa Perancis senilai 1 miliar euro (1,22 miliar USD) termasuk pelatihan dan persenjataan.

Pesawat tertua dengan usia pakai 10 tahun akan dikirim dari Perancis tahun 2024 dengan syarat kontrak pembelian ditandatangani akhir tahun ini.

Surat kabar Kroasia Jutarnji melaporkan, pengumuman resmi pembelian akan disampaikan pada 28 Mei mendatang bertepatan dengan hari Angkatan Bersenjata Kroasia.

Pemilihan Rafale oleh Kroasia telah menyingkirkan tawaran F-16V dari Amerika Serikat dan F-16C/D dari Swedia.

Sebelumnya pada Maret 2018 Kroasia mengumumkan akan membeli 12 jet tempur F-16 Barak bekas pakai Angkatan Udara Israel.

Menteri Pertahanan Kroasia Damir Krsticevic pun saat itu telah mengunjungi Pangkalan Udara Ramat David di Israel guna melihat langsung jet tempur F-16D Barak yang dibeli.

Krsticevic bahkan mencoba duduk di kursi depan jet tempur generasi keempat berkelir coklat gurun itu.

Namun demikian, pada Januari 2019 rencana tersebut batal karena Washington tidak memberikan izin kepada Israel untuk menjual F-16 bekas kepada Kroasia, walaupun Kroasia merupakan anggota NATO.

AS kemudian menawarkan 10 pesawat F-16V terdiri dari delapan model kursi tunggal dan dua model kursi tandem.

Tawaran itu disertai dengan opsi 20 pesawat F-16 lainnya yang akan tersedia untuk Kroasia dalam waktu satu tahun setelah pengiriman sepuluh pesawat pertama.

Sementara Swedia menawarkan 12 jet tempur Gripen C/D baru disertai dengan kerja sama strategis untuk meningkatkan industri pertahanan Kroasia.

Zagreb akhirnya menjatuhkan pilihan pada Rafale F3-R. Kita tunggu pengumuman resminya.

Bagi Angkatan Udara Kroasia, pembelian Rafale F3-R merupakan lompatan teknologi dari pesawat tempur generasi kedua ke generasi keempat plus.

Jet tempur modern ini akan menjadi satu-satunya andalan di kelas penempur AU Kroasia setelah MiG-21 dipensiunkan.

Poetra M

2 Replies to “Kroasia pilih Rafale F3-R bekas AU Perancis, tahun 2024 pesawat dikirim”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *