Lebih dekat dengan ZMAG 4X4, kendaraan taktis ringan dari IAI

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pabrikan asal Israel, Elta Systems (Israel Aerospace Industries/IAI) meluncurkan kendaraan taktis (rantis) ringan ZMAG 4X4 untuk penggunaan operasi khusus militer bermesin diesel dan bensin.

Dirunut dari asal usulnya, rantis ZMAG dirancang oleh Ido Cohen, seorang veteran pembalap kendaraan segala medan (offroader) asal Israel. ZMAG dikembangkan berdasarkan kendaraan offroad Zibar Cohen.

Dilansir dari Army Recognition, tahun 2020 IAI membeli hak atas desain ZMAG serta versi militer Zibar lainnya.

Militer Israel (IDF) terpikat dan mengorder sembilan kendaraan uji dengan berbagai desain operasional, plus opsi pembelian 21 kendaraan operasional unit operasi khusus.

ZMAGIAI

Kontrak tersebut ditetapkan untuk memulai pengadaan dan termasuk komitmen untuk membantu IAI dalam menjual ZMAG ke pelanggan asing termasuk Amerika Serikat.

Pada awal Mei 2020, Elta Systems telah menanamkan perangkat elektronik pada ZMAG varian Drone Guard system untuk mendekati kehadiran drone dan melumpuhkannya.

IAI juga sudah mempersiapkan ZMAG versi lapis baja alias antipeluru dan berencana untuk memproduksinya di pabrik yang berada di Beersheva, Israel.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *