Indonesia berlanjut dalam program jet KF-21

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Prototipe jet tempur multiperan generasi 4,5 KF-X akhirnya resmi diluncurkan pada Jumat 9 April 2021 di fasilitas pabrik Korea Aerospace Industries (KAI), Korea Selatan.

Seremoni peluncurannya dihadiri langsung oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mewakili Indonesia.

Presiden Indonesia Joko Widodo juga mengirimkan video ucapan selamat pada upacara peluncuran prototipe jet yang resmi dinamai sebagai KF-21 tersebut.

Dilansir dari biz.chosun, Presiden Moon Jae-in yang tampil di podium memberi sambutan positif dalam keterlibatan Indonesia dalam proyek ini dengan mengatakan, “Saya berterima kasih kepada pemerintah Indonesia karena percaya pada potensi Korea dan menjadi mitra pembangunan bersama.”

Disebutkan, Indonesia berkomitmen untuk memproduksi 48 jet tempur ini di Tanah Air yang akan dilakukan oleh PT Dirgantara Indonesia di mana KAI akan mentransfer data teknis dan membantu membangun satu prototipe.

Total biaya proyek KF-21 yang sedang dikembangkan oleh Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA) dan Korea Aerospace Industries (KAI) mencapai 8.800 miliar won. Indonesia ikut menanggung 20% dari biaya tersebut meskipun belum terpenuhi semua kewajibannya.

Diharapkan, prototipe pertama KF-21 akan melakukan terbang perdana pada 2022 mendatang dan ditargetkan berdinas pada 2028.

Rangga Baswara Sawiyya

One Reply to “Indonesia berlanjut dalam program jet KF-21”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *