Pasukan Khusus Rusia mulai dilengkapi senapan serbu AK-12

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pasukan khusus Rusia telah dilengkapi dengan senapan serbu terbaru Kalashnikov yaitu AK-12.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, sekira 300 unit senapan serbu ini baru saja memasuki layanan di resimen tujuan khusus Distrik Militer Selatan Rusia di wilayah Stavropol.

“Sekarang resimen di Distrik Militer Selatan ini adalah salah satu yang pertama di Angkatan Bersenjata Rusia yang sepenuhnya dilengkapi dengan senjata kecil yang baru. Senapan serbu yang dimodifikasi memiliki akurasi tembakan yang lebih tinggi, margin ketahanan laras, dan teknologi baru untuk produksi senjata api,” kata Kementerian Pertahanan.

Selain itu, ergonomi senjata telah meningkat untuk mempermudah penggunaannya.

Disebutkan, AK-12 memiliki bobot 3,5 kg dan jarak tembak langsung 440 m.

Kecepatan tembak peluru adalah 650 putaran per menit. Senapan ini memungkinkan tembakan dalam tiga mode, yaitu semburan, cut-off dua tembakan, dan tembakan tunggal.

Senapan Serbu AK-12 juga dilengkapi rel Picatinny untuk memasang peralatan tambahan. Senjata ini juga dilengkapi magasen baru dan jendela identifikasi.

AK-12 dengan peluru kaliber 5,45 mm dikembangkan oleh Kalashnikov concern sebagai bagian dari program Ratnik, yaitu elemen dari sistem peralatan canggih untuk personel militer Angkatan Bersenjata Federasi Rusia yang mulai digunakan pada akhir 2018.

AK-12 saat ini menjadi platform baru dalam pengembangan senjata dengan berbagai kaliber dan tujuan penggunaan, baik untuk militer maupun sipil.

Poetra Mikoyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *