Safran pasok sistem optronik untuk pesawat intai maritim AL Perancis

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Safran Electronics & Defense telah terpilih untuk memasok sistem optronik (optik-elektronik) pada pesawat pengintai maritim Angkatan Laut Perancis.

Berdasarkan kontrak, Safran akan menyediakan sistem Euroflir 410 optronik generasi baru untuk dua jenis pesawat pengintai berbasis Dassault Falcon, yaitu untuk 12 pesawat Albatros (Falcon 2000LXS) dan 8 Falcon 50TM Triton.

Euroflir TM 410 generasi baru merupakan bagian dari perangkat untuk misi SAR (Search & Rescue). Perusahaan mengatakan, perangkat ini memberikan kemampuan observasi yang tak tertandingi, bahkan dalam kondisi visibilitas rendah sekalipun.

Hal itu lantaran menggunakan teleskop jarak jauh dan saluran berkinerja tinggi dan stabilisasi penglihatan.

Perangkat tersebut digabungkan dengan radar maritim dan AIS (Sistem Identifikasi Otomatis), EuroflirTM 410 yang mampu memberikan kemampuan identifikasi kapal bersama dengan geolokasi yang akurat.

Dengan peralatan tersebut, pesawat dapat mengidentifikasi nomor registrasi kapal atau mendeteksi orang yang karam pada jarak beberapa kilometer.

Sistem optronik Euroflir 410 generasi baru dapat digunakan untuk Patroli Pengawasan & Intervensi Maritim Prancis (PATSIMAR) untuk meningkatkan kemampuan observasi pada ketinggian sangat tinggi agar tersembunyi.

Dapat pula digunakan untuk misi pencarian & penyelamatan di laut atau pengawasan zona maritim dalam kondisi yang paling ekstrem.

Poetra M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *