Kapal induk Italia resmi dinyatakan bisa operasikan F-35B

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kantor Program Bersama F-35 pada minggu ini telah memberikan rekomendasi flight clearance kepada kapal induk terbaru Angkatan Laut Italia, ITS Cavour (CVH 550), untuk dapat mengoperasikan F-35B secara aman di deknya.

Sebelum mendapatkan pengesahan tersebut, tim dari F-35 Patuxent River Integrated Test Force (Pax River ITF) and kru kapal induk ITS Cavour melaksanakan uji coba dan evaluasi penerbangan F-35B di kapal tersebut selama lima minggu di lautan.

Dalam uji coba tersebut, seluruh sistem di kapal dan F-35 telah menunjukkan performa yang baik dalam integrasi penggunaannya.

Pengujian yang dilaksanakan mencakup 115 kali penerbangan menggunakan ski jump dan 120 kali pendaratan dan lepas landas secara vertikal.

Seluruh data yang dikumpulkan telah dievaluasi oleh tim yang melibatkan pilot-pilot dan teknisi dari Korps Marinir AS dan Italia.

Sebelumnya, kapal induk ITS Cavour milik AL Italia telah menjalani modifikasi dan upgrade selama 16 bulan untuk dapat mengoperasikan F-35B. Kapal ini mulai meninggalkan galangannya pada Mei 2020.

Perbaikan dilaksanakan pada dek kapal agar dek dapat menahan panas semburan mesin F-35B saat terbang dan lepas landas secara vertikal.

Selain penguatan struktur, peralatan dan sistem penerbangan di geladak, kompartemen, menara, hanggar, gudang, jaringan distribusi data, sensor, elektronika, dan penyimpanan bahan bakar juga disesuaikan dengan syarat-syarat pengoperasian F-35B.

Angkatan Laut Italia akan dilengkapi dengan 15 jet tempur F-35B. Sedangkan Angkatan Udara Italia akan dilengkapi 60 F-35A dan 15 F-35B.

Poetra M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *