MP-155 Ultima, smart shotgun pertama buatan Kalashnikov Rusia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Nama besar Kalashnikov dari Rusia sudah tak diragukan lagi produknya. Kini, produsen senapan serbu legendaris AK-47 itu melahirkan smart shotgan pertamanya terbarunya, MP-11 Ultima.

Menurut rencana MP-11 Ultima akan dipamerkan di pameran pertahanan terbesar di Timur Tengah, IDEX-2021 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada 21-25 Februari mendatang.

Senapan ini akan dijual untuk pasar sipil.

Perusahaan menyebut, MP 155 Ultima adalah senapan pintar pertama di Rusia. Senapan ini didasarkan pada senapan untuk berburu MP-155 klasik yang terbukti dan andal.

Dibuatnya MP-155 Ultima, dengan mempertimbahkan beragam permintaan dari pelanggan modern.

“Anda dapat membandingkan masuknya pasar Ultima di industri senjata api dengan iPhone baru yang memasuki pasar telepon seluler,” kata Dmitry Tarasov, CEO Kalashnikov Group.

Ia menjelaskan, senapan pintar barunya memiliki desain futuristik. Diibaratkan, senapan ini seperti gawai bagi orang-orang modern yang tidak dapat hidup tanpa perangkat pintar tersebut.

“Tidak ada yang seperti itu yang pernah muncul di pasar,” tandasnya.

MP 155 Ultima memiliki desain modular. Hal ini memungkinkan pelanggan dapat menyesuaikan senapan dengan kebutuhannya.

Bagian luar shotgun MP-155 Ultima terbuat dari aluminium B95T (7075) dan polimer berkekuatan tinggi.

Senapan dapat dilengkapi dengan kamera yang dapat merekam dan bahkan streaming langsung dalam Full HD.

Smart Shotgun Kalashnikov MP-155 UltimaKalashnikov

MP-155 Ultima memiliki tampilan digital dengan jam, kompas, stopwatch, penghitung tembakan, dan indikator hitungan putaran. Komputernya terletak di dalam stok yang dapat disesuaikan.

Yang membuatnya pintar, karena komputer dapat disinkronkan dengan berbagai gadget eksternal melalui WiFi. Sedangkan kamera yang dipasang di rel dicolokkan ke port USB-C yang terpasang langsung ke sasis.

Layar kamera menampilkan data penghitung tembakan maupun informasi sisa jumlah amunisi.

MP-155 senapan berburu favorit

Menilik induk senapan shotgun ini, yaitu MP-155 merupakan salah satu senapan berburu semi-otomatis paling populer di Rusia. Hal ini lantaran konstruksi yang kokoh dan harganya yang terjangkau. MP-155 dipasarkan dalam berbagai konfigurasi untuk berburu.

MP-155 Ultima diperkenalkan pertama kali kepada publik. Banyak yang mengatakan senapan ini seperti senapan dalam film jenis sci-fi.

Kalashnikov sendiri tidak menampik bila tampilan smart shotgun-nya ini terinspirasi dari video game mengenai senjata.

Harga taksiran 1.400 dolar AS

MP-155 Ultima menggunakan laras smoothbore semi-otomatis yang telah teruji di pasar menggunakan amunisis kaliber 12/76 yang terbukti andal.

Larasnya memiliki panjang 71 cm dengan jarak efektif sekitar 50-70 m (standar untuk senapan 12/76 smoothbore).

Menurut RBTH tahun lalu, senjata standar tanpa gadget akan dijual di toko-toko Moskow dengan harga sekitar 500 dolar AS.

Meski Kalashnikov belum merilis harga model Ultima, dikabarkan bahwa senjata ini mungkin akan dijual seharga 1.400 dolar AS.

Aksi inti MP-155 dimasukkan ke dalam sistem sasis yang terdiri dari penutup penerima dengan pegangan pistol terintegrasi, popor yang dapat dilepas, pelindung tangan atas dan bawah, serta penutup bagian paling depan dari tabung magasen yang diperpanjang.

Komponen sasis terbuat dari aluminium dan polimer. Sementara bagian stok senapan MP-155 ULTIMA memiliki cheekpiece yang dapat disesuaikan serta bantalan pantat yang dapat diganti dengan panjang berbeda, serta bagian sisir dengan bentuk berbeda.

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *