PTDI serahkan lagi satu heli Bell 412EPI pesanan Kemhan untuk TNI AD

Bell 412EPI_ARPTDI
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – PT Dirgantara Indonesia (PTDI) kembali lakukan ferry flight  satu unit helikopter Bell 412EPI pesanan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan) untuk TNI Angkatan Darat. Penerbangan dilaksanakan dari Hanggar Rotary Wing PTDI, Bandung.

Direktur Niaga PTDI Ade Yuyu Wahyuna melepas ferry flight heli Bell 412EPI  yang kemudian akan dioperasikan oleh Skadron-11/Serbu Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad) itu.

Boeing_contoh2

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertahanan dan TNI AD khususnya Puspenerbad atas kepercayaan yang diberikan, mudah mudahan satu demi satu pesawat bisa kami delivery sesuai dengan kontraknya dalam keadaan baik dan laik serta dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bangsa dan negara,” kata Ade Yuyu Wahyuna seperti disiarkan PTDI.

Penandatanganan kontrak pengadaan sembilan unit helikopter Bell 412EPI telah dilaksanakan pada 9 Januari 2019 antara PTDI dengan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia untuk TNI AD.

Sebelumnya pada Desember 2020, PTDI telah menyerahkan satu unit Bell 412EPI.

Dengan tambahan penyerahan satu heli ini, maka tersisa tujuh unit lagi heli yang akan diserahkan menyusul kemudian.

Helikopter Bell 412EPI mampu mengangkut 15 orang dengan rincian 1 pilot dan 14 penumpang.

Heli ini ditenagai dua mesin Pratt & Whitney PT6T-9 Twin Pac.

Ferry Flight Bell 412EPI untuk TNI AD_ARPTDI

Dibandingkan seri sebelumnya yaitu Bell 412EP (Enhanced Perfomace) yang menggunakan dua mesin Pratt & Whitney PT6T-3D, Pratt & Whitney PT6T-9 Twin Pac memiliki tenaga lepas landas 13 persen lebih besar.

Keunggulan lain, heli ini telah dilengkapi dengan Full Glass Cockpit, AFCS 4-axis, dan Gatling gun.

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *