Pesawat CN235 TNI AU berhasil mendarat di Bandara Kao Halmahera Utara

Pesawat CN235 mendarat di Bandara Kao HalutPenlanud Lwm

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat CN235 milik TNI AU dari Skadron Udara 27 berhasil melakukan pendaratan pertama di Bandara Kuabang Kao, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Provinsi Maluku Utara (Malut) pada 8 Februai 2021.

Pesawat melalukan uji pendaratan dengan terbang sebelumnya dari Lanud Leo Wattimena, Morotai, Malut.

Pemerintah Provinsi Maluku Utara terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Halut serta Kepala Bandar Udara Kuabang Kao untuk penerbangan CN235 ini.

Penerbangan CN235 oleh Lanud Leo Wattimena selain menjalankan tugas Operasi Militer Perang (OMP), juga melaksanakan tugas lain seperti tugas-tugas operasi kemanusiaan dalam membantu peningkatan ekonomi masyarakat dan membantu mempercepat pemulihan saat terjadinya bencana alam.

Pendaratan perdana pesawat CN235 TNI AU oleh pilot Mayor Aldi beserta kru ini, dihadiri oleh Sekprov Malut Syamsuddin Abdul Kadir, Komandan Lanud Leo Wattimena Kolonel Pnb Adi Setio Nugroho, dan sejumlah pejabat lainnya.

Sebelum mendarat di Bandara Kuabang Kao pada pukul 10.15 WIT, peswat CN235 bertolak dari Bandara Babullah Ternate pada pukul 10.00 WIT.

Hadir menyambut pendaratan pesawat ini di antaranya Bupati Halut Frans Manery, Ketua DPRD Halut Julius Dagilaha, Komandan Kodim 1508/TBL Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra, Wakapolres Halut Kompol Wahyu Adi Waluyo S, dan sejumlah pejabat lainnya.

Danlanud Morotai berharap, dengan kegiatan uji pendaratan perdana ini menjadi cikal bakal kehadiran TNI AU untuk memberdayakan pesawatnya agar bisa membantu masyarakat dalam rangka peningkatan perekonomian di Maluku Utara, khususnya di Halmahera Utara.

Sementara itu Sekretaris Provinsi Malut mengatakan, Pemerintah Provinsi Malut memberikan apresiasi kepada Danlanud Morotai atas penerbangan perdana ini.

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *