KRI Bung Tomo mengikuti Latihan Multinasional AMAN-21 di Pakistan

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – KRI Bung Tomo-357 (TOM-357) yang akan mengikuti Latihan Multinasional AMAN-21 (Multinational Exercise AMAN-21) tiba di Karachi, Pakistan pada 11 Februari 2021 siang waktu setempat.

Kedatangan kapal perang jeni Multi Role Light Fregate (MRLF) yang dipimpin Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Excercise AMAN-21 Kolonel Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro dan Komandan KRI Bung Tomo-357 Kolonel Laut (P) Rizky Prayudi ini disambut oleh Athan RI untuk Pakistan Kolonel Kav Dody Mukhtar Taufik, Plt Konsulat Jenderal RI di Karachi Herian Yuliansyah serta pejabat dari Angkatan Laut Pakistan, yaitu Comdesrone 25 Pakistan Commodore Imtiaz Ali dan Komandan Kapal Pakistan (CO) Zulfiqar Captain Imran Ahmed Rao.

Latihan Multinasional AMAN-21 yang ketujuh ini diikuti 47 negara. Latihan dilaksanakan pada 11-16 Februari 2021.

Sirilus Arif mengatakan, dalam latihan ini dilaksanakan latihan aspek laut baik aspek permukaan dan udara, operasi pasukan khusus, serta seminar yang diikuti perwira senior dan pengamat (observer).

Terdapat dua fase latihan, yakni Harbour Phase pada tahap perencanaan dan Sea Phase sebagai tahap manuver.

“Kegiatan Harbour Phase mencakup seminar, diskusi, demonstrasi, dan pertemuan internasional, sementara Sea Phase mendemonstrasikan manuver taktis tentang anti-pembajakan, kontraterorisme, penembakan senjata, serta misi pencarian dan penyelamatan,” ujarnya.

Ditambahkan, salah satu ciri dari Sea Phase adalah International Fleet Review (IFR), yang akan dilaksanakan inspeksi oleh pejabat nasional dan asing dari salah satu kapal Angkatan Laut Pakistan.

Terpisah, Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K mengatakan, pada Latihan Multinasional AMAN-21, TNI AL berpartisipasi sebagai peserta dengan mengerahkan satu kapal perangnya, yaitu KRI Bung Tomo-357 dari jajaran Satkor Koarmada I.

Latihan ini bertujuan meningkatkan kerja sama militer antara Indonesia dengan negara-negara peserta lainnya.

“Negara-negara yang terlibat seperti AS, Rusia, Inggris dan negara-negara lain dari Eropa, Asia Tengah, Timur Tengah, Afrika Timur, Asia Selatan, dan Asia Tenggara termasuk Indonesia,” ujarnya seperti disiarkan Dispenal.

KRI Bung Tomo mengikuti Latihan Multinasional AMAN-21 di PakistanDispenal

Ditambahkan, jumlah personel yang dikerahkan sebanyak 100 orang termasuk 9 Kadet Akademi Angkatan Laut (AAL).

Multinational Exercise AMAN-21 merupakan latihan bersama yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali oleh Angkatan Laut Pakistan. Slogan latihan ini adalah “Together for Peace”.

Angkatan Laut Pakistan menggelar latihan ini dengan tujuan memperkuat kerja sama internasional. Fokus materi latihan adalah Maritime Interdiction Operation (MIO) dalam memerangi pembajakan, terorisme dan kejahatan lainnya yang berpotensi mengancam keamanan dan stabilitas maritim.

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *