Helikopter Mi-8AMTSh-VA Akrtik capai 2.500 jam terbang

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Helikopter Mi-8AMTSh-VA Akrtik yang diproduksi oleh Ulan-Ude Aviation Plant (UUAZ), Rusia telah mencapai angka lebih dari 2.500 jam.

Heli tersebut melakukan tugas mendukung kelompok pasukan Arktik dari Kementerian Pertahanan Federasi Rusia. Mulai dari dukungan transportasi, pemantauan area, hingga pencarian dan pertolongan (SAR) di wilayah Utara Jauh.

“Ada beberapa helikopter“ Arktik ”Mi-8AMTSh-VA yang bertugas tempur Angkatan Udara dan Angkatan Laut Kementerian Pertahanan. Helikopter itu berulang kali digunakan untuk melakukan operasi di wilayah Republik Sakha (Yakutia), Okrug Otonomi Chukotka, dan Wilayah Kamchatka,” kata Anatoly Serdyukov, Direktur Industri Kluster Penerbangan Perusahaan Negara Rostec pada 12 Februari 2021.

Ditambahkan, selama operasi helikopter tersebut menunjukkan keandalannya dalam penugasan otonom selama 30 hari pada suhu yang sangat rendah.

Helikopter Mi-8AMTSh-VA menerbangi jarak yang jauh melintasi permukaan air yang luas, medan yang kurang berorientasi, kondisi malam di kutub, hingga kemungkinan hilangnya sinyal satelit dan komunikasi radio yang tidak stabil.

Helikopter Mi-8AMTSh-VA dibuat khusus untuk beroperasi di wilayah utara Rusia dengan mempertimbangkan kebutuhan negara yang meningkat di wilayah Kutub Utara dan Utara Jauh.

Mi-8AMTSh-VA memiliki fitur sistem pemanas unik untuk sistem oli dan unit transmisi. Dengan adanya fitur tersebut, helikopter dapat dioperasikan hingga suhu -60 ° C tanpa kendala.

Produksi serial helikopter Mi-8AMTSh-VA di Ulan-Ude Aviation Plant dimulai pada 2015.

Dengan pengalaman operasi Mi-8AMTSh-VA di wilayah Arktik, UUAZ saat ini telah membuat helikopter sipil pertama Mi-8AMT dengan kemampuan beroperasi di Kutub Utara.

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *