Mengenal kapal induk Angkatan Laut Spanyol

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dikenal sebagai negeri para pelaut unggul, Spanyol termasuk salah satu negara yang memiliki Angkatan Laut (Armada Española) terkuat di kawasan Eropa Barat.

Saat ini armada laut Spanyol diperkuat oleh sekitar 77 kapal, termasuk satu kapal induk ringan.

Kemudian dua kapal transpor amfibi (LPD), 11 fregat, tiga kapal selam, enam kapal antiranjau, 22 kapal patroli, dan sejumlah kapal pembantu.

Untuk kapal induk, yang juga menjadi flagship AL Spanyol, adalah Juan Carlos l (L61) yang juga digolongkan sebagai kapal serbu amfibi. Kapal ini memiliki bobot mati 27.000 ton.

Juan Carlos I dibuat oleh galangan kapal dalam negeri Navantia. Kapal diluncurkan pada 22 September 2009 dan mulai berdinas 30 September 2010.

Di atas deknya, Juan Carlos l dapat membawa jet tempur V/STOL AV-8B Harrier II, heli angkut berat CH-47 Chinook, SH-3D Sea King, dan helikopter medium NH-90.

Komposisi pesawat yang dibawa dapat berubah, disesuaikan dengan kebutuhan misi. Bisa membawa 11 jet tempur AV-8B dan 12 heli NH90 atau murni membawa 25 helikopter NH90.

Selanjutnya dua kapal besar lain adalah jenis LPD (landing platform dock) yakni Galicia (L51) dan Castila (L52). Keduanya juga dibuat oleh galangan kapal Navantia. Masing-masing kapal memiliki bobot mati 14.000 ton.

Baik Galicia (aktif April 1998) dan Castila (aktif Juni 2000) di atas deknya dapat menampung empat helikopter SH-3D Sea King atau enam heli ringan serbaguna jenis AB 212.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *