Komponen mesin Rafale akan dibuat dari dirakit oleh HAL di India

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Proyek kampanye “Make in India” terus digaungkan oleh New Delhi mengiringi setiap pembelian sistem persenjataan dari luar negeri. Hal ini berlaku juga dalam pembelian 36 jet tempur Rafale dan untuk penambahan berikutnya bila pesawat tempur buatan Dassault ini kembali dipilih.

Hindustan Aeronautics Limited (HAL) dari India dan Safran Aircraft Engines dari Prancis, belum lama ini menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk merakit dan memproduksi komponen mesin Smecma M88 yang digunakan Rafale di India.

Berdasarkan MoU, HAL dan Safran akan merakit dan membuat komponen mesin Smecma M88 untuk kelompok tambahan Rafale dan untuk setiap pesawat ini yang diproduksi di India.

Transfer teknologi dari Safran kepada HAL juga akan dilakukan berkaitan dengan pengembangan mesin yang memiliki kekuatan dorong lebih dari 110 kN ini.

Safran bukanlah mitra baru untuk HAL India. Pabrik mesin ini telah membuat mesin-mesin yang digunakan pada helikopter Chetak, Cheetal, dan sejumlah helikopter lain yang dikembangkan dan digunakan India.

“HAL dan Safran telah berhasil bersama-sama mengembangkan mesin Shakti untuk helikopter ringan dan helikopter tempur ringan. Kami telah memproduksi lebih dari 450 mesin Shakti di Divisi Mesin HAL di Bangalore,” Ketua & Direktur Pelaksana HAL, R. Madhavan.

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *