Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha berangkat ke Papua

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebanyak 450 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) Para Raider 501/Bajra Yudha di Madiun, Jawa Timur akan melaksanakan tugas selama sembilan bulan di wilayah Intan Jaya, Papua.

Pasukan yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Mobile RI-PNG tersebut dipimpin oleh Danyonif Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya selaku Dansatgas.

Yonif Raider 501/BY akan menggantikan Yonif Raider 400/BR yang berakhir masa tugasnya.

Sebelum keberangkatannya ke Papua, para prajurit Bajra Yudha tersebut dikunjungi di markasnya oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada 28 Januari 2021.

Dalam kunjungan ini Panglima TNI didampingi oleh Pangkogabwilhan III Letjen TNI Ganip Warsito dan Kaskostrad Mayjen TNI Ainurrahman.

Panglima TNI mengatakan, penugasan di wilayah Papua merupakan penugasan yang benar-benar membanggakan karena di situ lah penugasan yang menguji kesiapan dan kemampuan prajurit dihadapkan dengan situasi cuaca dan medan.

“Saya mendengar bahwa 2/3 dari Batalyon 501/BY sudah pernah bertugas di sana. Oleh sebab itu dengan bekal latihan pratugas, perlengkapan yang dibutuhkan termasuk dukungan-dukungan lain yang sesuai dengan peruntukannya, saya yakin penugasan ini bisa dilaksanakan dengan baik. Cakra!” ujar Panglima TNI memompa semangat prajurit Cakra seperti disiarkan Puspen TNI.

Panglima TNI berpesan agar dalam pelaksanaan di daerah penugasan agar sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku.

“Tingkatkan kesiagaan dan patroli pengamanan sehingga tidak menganggap rutin setiap kegiatan. Batalyon Infanteri Para Raider 501/BY sebagai Satgas Mobile laksanakan tugas dengan baik dibawah Panji sang Merah Putih dan panji Batalyon., selamat bertugas,” tandas Hadi.

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *