KRI Bung Tomo berangkat ke Pakistan, KRI John Lie ke Brunei

KRI Bung Tomo-357Puspen TNI

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pangkolinlamil Laksda TNI Irvansyah mewakili Pangkoarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid melepas dua kapal perang TNI AL untuk melaksanakan latihan di luar negeri.

Kedua kapal perang tersebut adalah KRI Bung Tomo-357 yang akan mengikuti Multinational Exercise AMAN-21 di Pakistan dan KRI John Lie-358 yang melaksanakan Pelayaran Muhibah/Port Visit ke Brunei Darussalam.

Pelepasan kedua kapal dilaksanakan di Dermaga JICT II, Tanjung Priok DKI Jakarta pada Jumat (29/1).

KRI Bung Tomo membawa 112 personel dan 18 Kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 66 sebagai peserta On Job Training (OJT).

Sementara Pelayaran Muhibah KRI John Lie membawa 112 personel.

Pangkoarmada I dalam keterangannya mengatakan, pengiriman dua kapal perang dalam misi Latihan Multinational dan Port Visit merupakan kegiatan diplomasi yang dilaksanakan guna mewujudkan salah satu visi kebijakan Kelautan Indonesia yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo melalui Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2017.

“Misi Latihan Multinational Exercise AMAN-21 di Pakistan dan Port Visit ke Brunei Darussalam juga selaras dengan kebijakan Panglima TNI dalam mendukung kebijakan luar negeri pemerintah Republik Indonesia serta kebijakan strategis Kepala Staf Angkatan Laut,” ujar Rasyid.

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *