Armada tempur udara China simulasikan serangan terhadap kapal induk AS

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Armada tempur udara militer China menyimulasikan serangan rudal terhadap kapal induk Amerika Serikat USS Theodore Roosevelt (CVN-71)yang berada di Laut China Selatan.

Tiongkok mengirimkan 13 armada tempur udara termasuk 8 pembom strategis H-6K (lisensi Tu-16 Soviet) ke dekat zona pertahanan udara Taiwan minggu ini.

Kedatangan USS Theodore Roosevelt ke Laut China Selatan untuk melaksanakan patroli merupakan hal yang biasa, namun menjadi yang pertama sejak Joe Biden dilantik sebagai Presiden AS yang baru.

Financial Times menulis, Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) mengirim 11 pesawat ke sudut barat daya Taiwan ADIZ pada 23 Januari dan 15 pesawat ke area yang sama pada hari berikutnya.

Mengutip keterangan Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan dikatakan, percakapan pilot pembom H-6 China dapat didengar sedang melakukan simulasi untuk meluncurkan rudal antikapal terhadap kapal induk AS.

Sementara itu Global Times menulis, Angkatan Udara PLA mengerahkan pesawat tempur J-16 untuk mengawal pembom H-6K sekaligus melakukan simulasi serangan saturasi terhadap kapal induk AS.

Biden peringatkan Beijing

Dari pihak AS dilaporkan, pemerintahan baru Joe Biden telah memperingatkan Beijing untuk berhenti mengintimidasi Taiwan.

“Kami mendesak Beijing untuk mengakhiri tekanan militer, diplomatik dan ekonominya terhadap Taiwan,” kata Departemen Luar Negeri AS.

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *