Sampai akhir tahun ini Ukraina akan memproduksi atau membeli hingga 200.000 drone

Pasukan Ukraina melepaskan drone di BakhmutAFP
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sampai akhir tahun 2023 ini Ukraina akan memproduksi atau membeli hingga 200.000 drone dari berbagai jenis. Kepala Layanan Komunikasi Khusus Ukraina Yury Shchigol mengatakan hal ini pada hari Selasa.

“Ketika kami memulai proyek ini, kami menetapkan tugas (untuk memproduksi atau membeli) hingga 200.000 drone. Kami akan memiliki sekitar 180.000-200.000 drone untuk tahun ini,” ujarnya dalam wawancara yang disiarkan televisi seperti diwartakan TASS (30/6).

Menurut Shchigol, Pemerintah Ukraina telah menandatangani kontrak senilai 25 miliar hryvnia (688 juta USD) dari 40 miliar hryvnia (1,09 miliar USD) yang dialokasikan untuk pembelian drone.

Berdasarkan kontrak ini, sebanyak 22.000 drone tempur akan diproduksi. Hingga saat ini sekitar 15.000 di antaranya telah dipasok ke pasukan Ukraina.

Ia menambahkan bahwa kerugian harian pasukan Ukraina berjumlah 45 drone pengintai serta sejumlah drone tempur.

“Ini adalah model yang paling sederhana, seperti Mavic dan Matrice, dan drone profesional besar buatan Ukraina dan asing. Jadi, tidak mungkin untuk memasok drone sebanyak itu dalam satu waktu,” kata dia.

Drone tersebut tidak diproduksi dalam jumlah sebanyak itu baik di Ukraina maupun di Ukraina maupun di tempat lain di dunia, lanjutnya.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *