TNI AU siapkan pesawat dan helikopter untuk bantu SAR SJ182

NAS332Rangga Baswara Sawiyya/AR

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – TNI Angkatan Udara menyiapkan pesawat sayap tetap (fixed wing) dan helikopter untuk membantu pencarian pesawat Boeing 737-500 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu, 9 Januari 2021.

Pesawat yang berisi 62 orang (50 penumpang dan 12 kru pesawat) dengan nomor penerbangan SJ182 ini dinyatakan hilang kontak pada pukul 14.40 WIB.

“Merespons hilang kontak pesawat Sriwijaya SJ-218 rute Jakarta – Pontianak, sesuai instruksi Panglima TNI,  TNI AU telah menyiagakan helikopter dan pesawat fixed wing untuk mendukung operasi pencarian dan pertolongan (SAR),” kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah pada Sabtu sore.

Dikatakan, helikoter NAS-332 Super Puma dari Skadron Udara 6 dan EC-725 Caracal dari Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja Bogor serta personel SAR dari Korpaskhas telah disiagakan.

“Selain helikopter, TNI AU juga menyiapkan pesawat fixed wing Boeing 737 Intai Maritim Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanudin Makassar dan CN295 Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta,” tambah Indan.

Berdasarkan instruksi lanjutan dari Asisten Operasi (Asops) KSAU Marsda TNI Henri Alfiandi, pencarian akan dilakukan pada Minggu pagi mulai pukul 06.00 WIB.

Pencarian dilaksanakan oleh unsur SAR TNI AU di bawah koordinasi BNPP/Basarnas.

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *