Unit 5601 Manat, Pusat Uji Tempur Angkatan Udara Israel

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Israel (IAF) tak sembarangan mengirimkan pasukan udaranya untuk terlibat di sebuah medan pertempuran. Di belakang itu semua, ada uji pertempuran yang dilaksanakan oleh Unit 5601 Manat.

Persiapan yang matang akan menentukan hasil yang maksimal. Bisa jadi pakem ini dipegang oleh IAF. Pesawat maupun pilot yang dikirim ke medan pertempuran, adalah mereka yang secara kualitas terbaik.

Pengalaman Perang Yom Kippur memberikan pelajaran berharga bagi IAF. Maka pada saat itu, Komandan IAF Mayor Jenderal Benny Peled memerintahkan pembentukan unit khusus yang akan menguji baik pesawat maupun pilot tempurnya.

Unit 5601 Manat (akronim dari  Merkaz Nisu’ey Tisa yang berarti Pusat Uji Penerbangan) dibentuk pada 1 April 1974 di Palmachin dengan Yossi Yaari sebagai komandan pertamanya.

Tahun 1978, unit ini pindah ke markas baru di Tel Nof. Motto dari unit ini adalah “Yang pertama di daratan yang belum dipetakan”.

Walau berstatus sebagai unit, para personel 5601 Manat memiliki kemampuan yang luar biasa. Mereka pula yang pertama di IAF yang memiliki kualifikasi untuk menguji berbagai peralatan tempur. Mulai dari pesawat (tempur, angkut, heli, dan drone), hingga rudal dan bom. Mereka yang ditempatkan di unit ini, telah mengantongi ribuan jam terbang dengan pesawat masing-masing.

Mengenyam pendidikan di Sekolah Pilot Uji USAF

Para pilot yang ditempatkan di Unit 5601, juga telah mengenyam pendidikan di Sekolah Pilot Uji USAF (USAF TPS) yang berada di Edwards Air Force Base, Mojave Desert.

Baca Juga: Panas, jet tempur Su-35 kejar F-16 Israel di atas Damaskus

Yang menarik, Unit 5601 ini tidak hanya mempelajari kemampuan pesawat yang dimiliki yang akan digunakan dalam pertempuran, tetapi juga menguji pesawat musuh yang kemungkinan akan menjadi lawannya.

Memang tidak semua pesawat musuh bisa didatangkan untuk dipelajari karena hal itu tentu mustahil. Tapi bagi pesawat-pesawat yang mungkin didatangkan, akan dipelajari kelebihan dan kekurangannya oleh unit ini.

MiG-29 Israel sewa dari PolandiaIAF

MiG-29 Pusat Uji Penerbangan IAF, sewa dari Polandia.

Contohnya adalah ketika Israel menyewa tiga jet tempur MiG-29 dari Polandia di tahun 1997. Pesawat itu secara intensif dipelajari dan diterbangkan di Unit 5601 untuk melakukan uji tempur udara dengan jet-jet tempur IAF.

Unit 5601 memiliki armada permanen berbagai varian F-16 dan F-15 yang dimiliki oleh IAF. Dengan hadirnya F-35I Adir, Unit 5601 juga mendapat bagian untuk mengetahui secara maksimal kelebihan dan kekurangan jet tempur siluman ini.

Jadi, apabila melihat jet tempur Angkatan Udara Israel masuk ke gelanggang perang, dapat dipastikan bahwa semuanya telah dipersiapkan secara matang oleh Unit 5601 Manat.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *