Panas, jet tempur Su-35 kejar F-16 Israel di atas Damaskus

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dua unit jet tempur Su-35 dikabarkan telah mengejar dan mencegat satu pesawat F-16 milik Israel di wilayah udara Damaskus, Suriah. Diketahui, F-16 tersebut hendak menipu sistem pertahanan udara S-300 yang disiagakan Rusia di Suriah.

Sebelum kejadian, satu kelompok F-16 Israel mencoba masuk mendekati ibu kota Suriah dan melancarkan serangan udara ke wilayah pinggiran kota menggunakan 10 rudal jelajah Delilah.

Sementara dua pesawat tempur F-16 lainnya berupaya mengelabui S-300. Masing-masing masuk ke wilayah udara Suriah dan Yordania.

Satu F-16 terjebak di atas Damaskus. Pesawat ini yang kemudian dicegat oleh dua Su-35 dan akhirnya berhasil dipaksa mundur keluar dari wilayah udara tersebut.

Portal berita Aviapro menyebutkan, dua Su-35 pencegat F-16 Israel yang terjebak diterbangkan dari wilayah bagian selatan Suriah.

Meski pemberitaan ini kemudian memantik keriuhan di lini masa, tidak ada klarifikasi dari pihak Suriah, Rusia, maupun Israel.

Hanya saja, Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu yang diwawancara oleh wartawan tiba-tiba menolak mengomentari masalah serangan udara Israel ke wilayah Suriah.

Tampaknya, ada hal-hal yang tidak mengenakkan dan tidak ingin ia sampaikan kepada publik.

Ditanya tentang dugaan keterlibatan Israel dalam wawancara Jumat pagi dengan Radio Haifa itu, Netanyahu berkata, “Saya tidak akan mengomentari satu operasi atau lainnya.”

Netanyahu pun menambahkan bahwa hal itu bisa saja bukan pesawat Israel.

“Saya tidak tahu apa yang terjadi pada malam hari. Mungkin saja itu Angkatan Udara Belgia,” ujarnya seperti Airspace Review kutip dari pemberitaan Bulgarian Military.

Roni Sontani

13 Replies to “Panas, jet tempur Su-35 kejar F-16 Israel di atas Damaskus”

  1. Warning system F16 israel sudah cap cap cap cap alerts, harapannya hanya tinggal eject, untung saja SU35 Masih tolerir, memberi kesempatan buat minggat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *