TNI AU dapat tambahan satu pesawat C-130H Hercules eks AU Australia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Satu pesawat C-130H Hercules nomor ekor A-1338 eks pakai Angkatan Udara Australia (RAAF) yang dibeli pemerintah Indonesia tiba di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Sabtu (15/2/2020).

Pesawat angkut militer eks RAAF ini merupakan unit kelima yang telah tiba di Tanah Air. Kedatangan pesawat disambut dengan Water Salute disaksikan para pejabat dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI, Mabes TNI, Mabesau, dan Lanud Abdulrachman Saleh.

Pesawat berangkat dari Australia pada hari Jumat (14/2). A-1338 diterbangkan oleh Pilot in Command Letkol Pnb Suryo Anggoro, M. Tr (Han) yang juga Komandan Skadron Udara 32 bersama 11 orang kru pesawat.

Kepala Penerangan Lanud Abdulrachman Saleh Letkol Sus Dodo Agusprio S., S.S., dalam siaran pers yang diterima Airspace Review menyampaikan, A-1338 mendarat mulus di Lanud Abdulrachman Saleh pada pukul 12.07 WIB.

Setelah pesawat memasuki pelataran Base Ops dan parkir di depan VIP Room, selanjutnya dilaksanakan upacara penyerahan sertifikat airworthiness dari Kepala Pusat Kelaikan (Kapuslaik) Kemhan yang diwakili Kolonel Arif kepada Skadron Udara 32 kepada Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat.

Berikutnya serah terima sertifikat dan penandatanganan berita acara dari Kepala Baranahan Kemhan yang diwakili Marsma TNI Asfan Jauhari selaku Kapus Alpalhan Baranahan Kemhan kepada Aslog Panglima TNI yang diwakili Paban I/Slog Mabes TNI Kolonel Tek Andi Vincent.

Setelah itu sertifikat dari Aslog Panglima TNI diserahkan oleh Kolonel Tek Andi Vincent kepada Aslog Kasau yang diwakili Letkol Kal Nunik Intarti, S.E., M.Si.      

Penlanud Abd

Kepala Pusat Alat Peralatan Pertahanan Kementerian Pertahanan (Kapus Alpalhan Kemhan) Marsma TNI Asfan Jauhari dalam amanatnya menyampaikan rasa syukur karena dengan berbagai upaya dari berbagai pihak dengan waktu yang cukup lama, pada akhirnya pesawat C-130H Hercules A-1338 dapat tiba di Indonesia.  

Dijelaskan, C-130H Hercules A-1338 merupakan pesawat kelima eks RAAF yang diadakan oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia sejak akhir 2014. Peswat sebelumnya di-refurbish terlebih dahulu di Australia agar laik dan aman.

C-130 A-1338
Penlanud Abd

Sementara itu Letkol Pnb Suryo Anggoro menyampaikan, tim kru Skadron Udara 32 yang akan mengawaki A-1338 telah diberangkatkan ke Austrralia sejak 9 Februari 2020 bersama inspektor dan tim dari Indonesian Military Airworthiness Autority (IMAA) Kemhan RI.  

Di Australia beberapa proses teknis dilaksanakan pada A-1338 seperti ground run, test flight, dan lainnya.  

C-130 A-1338
Penlanud Abd

Setelah semuanya dinyatakan laik, maka pada 14 Februari dilaksanakan ferry flight ke Lanud Abdulrachman Saleh, Malang dengan rute Richmond AFB – Darwin AFB dan bermalam.

Selanjutnya pada 15 Februari, A-1338 melanjutkan penerbangan dengan rute Darwin AFB – Lanud El Tari, Kupang hingga akhirnya tiba di Skadron Udara 32 yang akan menjadi rumah baru pesawat ini.

Selamat datang C-130H Hercules A-1338!

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *