Prajurit Korpaskhas dan Menwa UGM ikuti kursus Terjun Bebas Tempur/Olahraga

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebanyak 37 personel Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI AU dan 13 personel Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta masing-masing mengikuti kursus Terjun Bebas Tempur (TBT) dan Terjun Bebas Olahraga (TBO).

Kegiatan dilaksanakan di Pusdiklat Paskhas Lanud Sulaiman Margahayu Bandung, Jawa Barat dan dibuka oleh Wakil Komandan Pusdiklat Paskhas Letkol Pas Dadang Hermawan mewakili Komandan Pusdiklat Paskhas Kolonel Pas Anis Nurwahyudi, Jumat (14/2).  

Kursus TBT akan berlangsung selama tiga bulan. Semnetara TBO dilaksanakan selama tiga minggu.

Korpaskhas menjelaskan, TBT merupakan salah satu kekhasan matra udara yang dimiliki Korpaskhas di samping kemampuan pertempuran darat, kemampuan pertahanan udara, dan kemampuan khusus.

Dalam kursus ini para prajurit Korpaskhas diberi pengetahuan dan kemampuan infiltrasi ke wilayah musuh untuk membuka jalannya operasi pertempuran selanjutnya.

Korpaskhas

Para personel yang mengikuti kursus TBT dan TBO diberi pengetahuan dan keterampilan mulai dari pendidikan kelas, pelipatan parasut, teknik exit, teknik melayang, teknik mengemudikan parasut, teknik pendaratan, tehnik pattern, dan prosedur kedaruratan.

Lebih khusus bagi siswa TBT dilengkapi dengan peralatan tempur, pendaratan di air,  erta terjun area.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *