AU Belgia menerima pesawat A400M pertama dari tujuh pesanan

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Belgia telah menerima pesawat angkut militer Airbus A400M pertama dari tujuh yang dipesan negara itu. Pesawat dengan registrasi teknis CT-02 itu diterbangkan dari fasilitas Airbus Defence and Space di Seville, Spanyol dan tiba di Pangkalan Udara Melsbroek, Belgia pada 22 Desember 2020.

Menteri Pertahanan Belgia Ludivine Dedonder menerima langsung pesawat angkut multiperan tersebut.

A400M untuk Angkatan Udara Belgia akan ditempatkan di Wing Transpor ke -15. Pesawat ini akan menggantikan peran C-130H Hercules.

Seperti diberitakan Airbus, pesawat A400M pertama yang diterima ini memiliki nomor seri produksi MSN106. Bersamaan dengan pemesanan tujuh unit oleh Belgia, satu unit juga dipesan untuk Luxemburg.

Pengiriman pesawat A400M kepada AU Belgia berikutnya akan dilaksanakan pada kuartal kedua 2021.

Kepala Pesawat Militer di Airbus Defense and Space, Alberto Gutierrez mengatakan, dengan dilaksanakannya pengiriman pesawat ini, semua pelanggan pertama A400M telah menerima pengiriman pesawat.

Sebanyak 98 A400M telah dikirimkan kepada pelanggan

Ia menambahkan, di tengah pandemi COVID-19 perusahaan masih bisa mengirimkan pesawat sesuai jadwal. Untuk tahun ini sebanyak 10 A400M dikirimkan kepada para pelanggannya.

Sehingga, jumlah armada A400M yang beroperasi secara global saat ini sebanyak 98 pesawat.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *