Jet tempur Su-30 Rusia ‘kawal’ OP-3C Jepang di Laut Okhotsk

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Jet tempur Su-30 Rusia melakukan ‘pengawalan’ terhadap satu pesawat patroli maritim OP-3C Orion milik Pasukan Bela Diri Laut Jepang (JMSDF) di atas Laut Jepang dan Laut Okhotsk.

Menurut laporan pada hari Selasa (22/12), Pusat Kontrol pertahanan Nasional Rusia berhasil mendeteksi sebuah target udara yang mendekati perbatasan Rusia di atas perairan netral Laut Jepang dan Laut Okhotsk.

Seperti diberitakan TASS, pesawat Su-30 yang dikerahkan ke udara untuk melakukan ‘pengawalan’ tersebut berasal dari Pasukan Pertahanan Udara Distrik Militer Timur (EMD) Rusia.

Tidak ada pelanggaran yang dilakukan oleh kedua pesawat dari dua negara berbeda itu.

JMSDF memiliki sejumlah pesawat patroli maritim P-3C Orion buatan Lockheed Amerika Serikat. Lebih dari 93 P-3C serta beberapa varian seperti EP-3C SIGINT dan OP-3C dimiliki oleh JMSDF.

Sementara itu Distrik Militer Timur merupakan distrik militer terbesar kedua di Rusia. Distrik yang menaungi 12 subjek Federal Rusia ini didirikan pada 2010 untuk menggantikan Distrik Militer Timur Jauh. EMD bermarkas di Khabarovsk.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *