Rumania percanggih jet latih IAR 99 Soim dengan avionik buatan Elbit Systems

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pabrik pesawat Avioane Craiova S.A. dari Rumania mungkin masih asing di telinga kita. Perusahaan penerbangan yang berbasis di Ghercești, dekat Craiova, Rumania ini didirikan tahun 1972 untuk mendukung kebutuhan militer negeri itu.

Dalam perjalanannya, Avioane Craiova berhasil membuat berbagai pesawat militer, termasuk jet tempur serang darat IAR 93 Vultur, jet latih/serang ringan IAR 99 Soim (Hawk), dan jet tempur supersonik IAR 95 Spey hingga tahap model mock-up.

IAR 93 Vultur merupakan pesawat jet subsonik bermesin ganda. Pesawat dirancang untuk melaksanakan misi dukungan dekat, serangan darat dan pengintai taktis, dan kemampuan sekunder sebagai pencegat tingkat rendah.

Pesawat ini dibuat dalam dua varian, yaitu kursi tunggal dan kursi ganda untuk pelatihan terbang dan senjata tingkat lanjut. IAR-93 dibuat untuk menggantikan peran MiG-15 dan MiG-17.

Baca Juga: F-35 Terlalu Mahal, Rumania Pilih Beli F-16 Bekas Pakai AU Portugal

Sementara IAR 99 tidak jadi dibuat dan proyeknya dibatalkan hingga tahap pembuatan mock-up. Jet supersonik Spey dirancang pada akhir 1970-an dan dibatalkan tahun 1981. Setelah itu proyek sempat dihidupkan lagi, namun lagi-lagi dibatalkan tahun 1988 karena tidak adanya sumber pendanaan.

Modernisasi elektronik

Lalu bagaimana dengan IAR 99 Soim yang menjadi bahasan kali ini. Tidak lain pesawat ini akan ditingkatkan kemampuannya dengan penggunaan avionik modern buatan Elbit Systems dari Israel.

Kontrak fase pertama program upgrade jet latih IAR 99 ini telah diberikan oleh Avioane Craiova kepada Elbit Systems senilai 27 juta dolar AS (USD).

Kontrak akan direalisasikan dalam kurun empat tahun termasuk dukungan logistik terintegrasi.

Berdasarkan kontrak tersebut, Elbit Systems akan melengkapi armada IAR 99 Soim dengan sistem avionik canggih dan pelatihan langsung sistem Embedded Virtual Avionics serta kemampuan Close Air Support dan Air-to-Air.

Kementerian Pertahanan Rumania mengatakan, dengan peningkatan teknologi ini IAR 99 Hawk bisa memfasilitasi proses transisi pilot Angkatan Udara Rumania (RoAF) secara efektif sebelum mengawaki jet tempur F-16.

Baca Juga: AS setujui modernisasi pesawat tempur F-16A/B Block 15 MLU Rumania

Selain digunakan sebagai jet latih, IAR 99 juga dapat digunakan untuk fungsi dukungan udara dekat (CAS) dan pengintaian.

Pesawat ini akan menggantikan Aero L-29 Delfin dan Aero L-39 Albatros buatan Ceko.

IAF 99 memiliki desain semi-monocoque dengan sayap meruncing dan ekor menyapu ke belakang. Salah satu ciri khasnya terlihat juga dari sirip kecil yang berfungsi sebagai antena di bawah hidung pesawat sebelah kiri.

Saat ini kurang lebih ada 20 unit IAR 99 digunakan oleh RoAF. Sebelas di antaranya merupakan varian IAR 99 Șoim yang ditingkatkan.

Satu unit IAR 99 hasil upgrade dengan kode IAR 99 TD diharapkan selesai pada tahun 2022.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *