F-35 Terlalu Mahal, Rumania Pilih Beli F-16 Bekas Pakai AU Portugal

ANGKASAREVIEW.COM – Pemerintah Rumania berencana membeli lima unit jet tempur F-16 dari Portugal. Pesawat dibeli untuk menambah armada Fighting Falcon di skadron tempurnya sehingga jumlahnya menjadi 17 unit.

Sebelumnya pada 2013 Rumania telah membeli 12 F-16A/B Block 15 MLU (9 F-16AM dan 3 F-16BM) senilai 628 juta dolar AS juga dari Portugal. Pesawat bekas pakai Angkatan Udara Portugal (FAR) yang diperbarui di Amerika Serikat ini mulai diterima Rumania pada 2016.

Tautan lain: IAR 330L SOCAT, Drakula Sayap Putar dari Rumania

Menteri Pertahanan Rumania Gabriel Les dalam keterangan yang dikutip media menyatakan, rencana pembelian lima F-16 dari Portugal akan diselesaikan prosedurnya tahun ini. Sebelum diserahkan, pesawat akan dimodernisasi terlebih dahulu.

F-16 RumaniaAFM
Menjawab pertanyaan media mengapa Rumania tidak membeli F-35 yang ditawarkan oleh Amerika Serikat, Les menjawab karena biayanya terlalu mahal.

Tautan lain: Duster 4X4 Berkelir Militer, SUV Bersenjata untuk AB Rumania

“Untuk saat ini hal (biaya yang dibutuhkan) terlalu mahal,” ujarnya.

Ke depan, Rumania masih berencana untuk menambah 36 F-16 dari AS atau dari negara-negara sahabat. Pesawat akan digunakan untuk menggantikan peran MiG-21 Lancer.

Tautan: Gantikan MiG-29 yang Sudah Uzur, AU Slowakia Siap Operasikan F-16V

Baru setelah hal itu terpenuhi, lanjut Les, Rumania akan melangkah untuk membeli jet tempur generasi kelima guna menggantikan F-16.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *