US Army gabungkan Komando Eropa dan Afrika menjadi USAREUR-AF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Darat Amerika Serikat (AD AS/US Army) telah menggabungkan Komando Eropa dan Komando Afrika menjadi Komando Angkatan Darat AS Eropa dan Afrika (USAREUR-AF).

AD AS pada pernyataan tanggal 20 November 2020 mengatakan, semua unit yang ditugaskan ke Angkatan Darat AS Afrika akan dipindahkan ke USAREUR-AF.

USAREUR akan dipimpim oleh perwira tinggi berpangkat bintang empat. Jenderal Christopher Cavoli telah ditunjuk untuk memimpin komando baru itu.

Baca Juga: US Army pilih sistem tembakan nirkabel buatan Kongsberg untuk RCV

Untuk wakilnya telah ditetapkan yaitu Mayor Jenderal Andrew Rohling. Sebelumnya ia adalah Wakil Komandan US Army Eropa.

Sementara mantan Komandan US Army Afrika yang berpangkat bintang dua akan menjabat sebagai Komandan Gugus Tugas dan Wakil Komandan Jenderal USAREUR-AF untuk Afrika.

Menteri Angkatan Darat Ryan McCarthy mengatakan, struktur baru ini akan meningkatkan efektivitas komando dan kontrol, fleksibilitas, dan kemampuan untuk melakukan operasi berskala besar, bersama, dan multi-domain.

Komando bintang empat memainkan peran penting dalam mendukung misi di ruang operasi

Perintah bintang empat yang baru, ujarnya, akan memainkan peran penting dalam mendukung misi di dua ruang operasi yang saling berhubungan.

“Ini juga akan meningkatkan efisiensi dengan menyederhanakan kemampuan kantor pusat untuk menjalankan fungsi dan meningkatkan upaya tanggap darurat global dan regional,” jelas McCarthy seperti diberitakan Defense News.

Baca Juga: Kapt Inf Teddy Indra Wijaya, raih kualifikasi pasukan elite US Army

US Army Eropa saat ini berbasis di Wiesbaden, Jerman. Sementara US Army Afrika berbasis di Vincenza, Italia.

Berdasarkan perubahan ini, belum dijelaskan apakah akan ada perubahan fisik di markas tersebut.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *