Di wilayah perbatasan laut empat kapal perang RI gelar latihan

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Di wilayah perbatasan laut, tepatnya di perairan Karang Unarang, Kalimantan Utara empat kapal perang Republik Indonesia (KRI) menggelar latihan manuver laut pada Rabu, 18 November 2020.

Empat kapal perang yang terlibat dalam latihan tersebut adalah KRI Karel Satsuit Tubun-356, KRI Diponegoro-365, KRI Fatahillah-361, dan KRI Singa-651

Komandan KRI Fatahilah Letkol Laut (P) Agus Setyawan mengatakan, latihan yang dilaksanakan adalah Komunikasi Taktis, Manuver Taktis, RAS Approach, dan Photoex.

Tujuan dari latihan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dan melatih Taruna AAL Tingkat IV

Tujuan dari latihan ini adalah untuk memelihara dan meningkatkan profesionalisme prajurit serta melatih kemampuan para Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat IV.

Taruna AAL latihan di kapal perang di perairan Karang UnarangPen Koarmada II

Latihan ini juga, ujarnya, digelar untuk menindaklanjuti program prioritas KSAL Laksamana TNI Yudo Margono di bidang pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas.

4 KRI latihan di perairan Karang Unarang_1Pen Koarmada II

Selain itu, kata Agus seperti diberitakan di laman Koarmada II, latihan ini juga dalam rangka peningkatan kemampuan TNI AL menghadapi ancaman bersifat non-konvensional.

Sementara itu di tempat terpisah Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II Laksamana Pertama TNI Rahmat Eko Rahardjo mengatakan, melalui latihan tersebut diharapkan para prajurit KRI dapat memelihara dan meningkatkan kemampuannya. Demikian juga halnya dengan para Taruna AAL tingkat IV yang sedang melaksanakan latihan praktik di KRI.

Baca Juga: KRI Sultan Hasanuddin melaksanakan latihan perang dengan korvet Jerman

Hal ini, ujar Rahmat Eko sebagai tindak lanjut dari arahan Panglima Koarmada II Laksamana Muda I.N.G. Sudihartawan terkait kesiapsiagaan tempur kapal dan untuk melatih uji terampil prajurit.

Roni Sontani