Kazakhstan kembali menerima pengiriman jet tempur terbaru Su-30SM

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kazakhstan telah menerima pengiriman terbaru jet tempur Su-30SM dari Rusia. Kementerian Pertahanan Kazakhstan mengatakan, pesawat telah diterima di Pangkalan Udara Karaganda.

Namun demikian, layanan pers kementerian tersebut tidak menyebutkan berapa banyak pesawat Su-30SM yang diterima dalam gelombang pengiriman terbaru ini.

Berdasarkan perjanjian dengan Federasi Rusia, Kazakhstan melengkapi armada angkatan udaranya dengan pesawat multifungsi Su-30SM.

Pesawat-pesawat tersebut telah dikirimkan secara berkelompk dari pabrik Irkutsk ke Kazakhstan sejak 2015 silam.

Kazakhstan memesan 24 Su-30SM dalam tiga kontrak. Lebih dari 12 unit pesawat ini telah diterima hingga saat ini.

Pada Mei lalu, Kazakhstan dan Rusia kembali menandatangani kontrak pengadaan Su-30SM.

Sebuah sumber menyebut, Kementerian Pertahanan Kazakhstan berencana menambah pembelian Su-30SM hingga total menjadi 36 unit.

Su-30SM diakui Kazakhstan dapat meningkatkan kemampuannya untuk melindungi pasukan dan fasilitas negara dari serangan udara. Pesawat ini dapat mendeteksi dan menghancurkan target-target udara maupun target darat.

“Berkat pesawat-pesawat ini, kekuatan angkatan bersenjata kami meningkat,” kata Panglima Angkatan Bersenjata Kazakhstan Letnan Jenderal Nurlan Ormanbetov.

Su-30SM merupakan varian jet tempur Sukhoi berkursi tandem (depan-belakang). Pesawat multi-peran ini dapat dioperasikan dalam segala cuaca.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *