Jet Peperangan Elektronik baru EC-37B USAF siap mengudara perdana

EC-37B Compass CallL3Harris
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat jet Peperangan Elektronik (EW) Angkatan Udara AS (USAF) generasi berikutnya, EC-37B Compass Call, bersiap untuk menjalani penerbangan perdananya.

Tim Compass Call Cross Deck (L3Harris Technologies, BAE Systems, dan Gulfstream) tengah berfokus pada pengiriman armada EC-37B untuk menggantikan platform EW EC-130H yang sudah pensiun.

“Pencapaian yang akan datang termasuk pengujian sistem penerbangan dan misi untuk pesawat,” menurut siaran pers dari L3Harris.

EC-37B didasarkan pada jet bisnis Gulfstream G550 yang tersedia secara komersial, bukan badan pesawat khusus militer.

Platform G550 memiliki kecepatan, daya tahan, dan jangkauan stand-off yang lebih jauh dibandingkan pesawat EC-130H lama serta memberikan kemampuan bertahan hidup yang jauh lebih baik.

Platform baru ini akan memberi komandan kombatan kemampuan stand-off jamming yang lebih baik dan fleksibilitas untuk melawan ancaman komunikasi dan radar lawan yang canggih.

Sistem misi Compass Call mengganggu komunikasi komando dan kontrol musuh dan membatasi koordinasi musuh yang penting untuk manajemen pasukan musuh.

Sistem Compass Call menggunakan informasi kontra ofensif dan kemampuan EW untuk mendukung pasukan taktis udara, permukaan, dan operasi khusus AS dan koalisi.

Ini merupakan bagian dari penindasan triad pertahanan udara musuh, dan pemutakhiran terprogram memperluas misinya dengan pengadaan kemampuan EA sekunder melawan radar peringatan dini dan akuisisi.

Keandalan dan kesinambungan G550 yang unggul, menjadikan 10 pesawat EC-37B setara dengan armada 14 pesawat EC-130H lama.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *